Sukses

Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Indonesia Tak Kuasa Bendung Yordania

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia menutup laga terakhir di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dengan kekalahan telak 52-77 dari tamunya Yordania di Istora Senayan, Senin (4/7/2022) malam WIB. 

Indonesia mengawali laga dengan sangat baik. Layup Yudha Saputera ditambah dua tembakan tiga angka dari Derrick Michael dan Agassi Goentara membuat Indonesia langsung unggul jauh 8-0.

Yordania terpaksa mengambil time out. Usai time out Yordania mengamuk dan bisa menyamakan skor menjadi 8-8. Indonesia kembali menjauh lewat drive menawan Agassi dan 3 pts Derrick. Kuarter pertama ditutup dengan keunggulan 18-17 untuk Indonesia. 

Memasuki kuarter dua permainan Indonesia merosot drastis. Tembakan tiga angka, layup hingga jump shot tak menemui sasaran. Disisi lain Yordania justru tampil cemerlang.

Yordania berbalik meninggalkan Indonesia setelah melesakkan 13 angka beruntun. Indonesia baru bisa memecah kebuntuan saat kuarter dua tersisa lima menit 19 detik lewat tembakan tiga angka Brandon Jawato. 

2 dari 3 halaman

Loyo

Namun setelah itu Indonesia kembali loyo. Yordania terus menambah angka. Indonesia baru bisa mencetak lima angka lagi di akhir kuarter dua. Jawato menutup paruh pertama lewat buzzer beater 2 poin. Indonesia tertinggal 26-37 saat jeda paruh pertama. 

Permainan Indonesia membaik di kuarter empat. Beberapa tembakan tiga mulai menemui sasaran dari Yudha dan Juan Laurent Kokodiputra. Namun skor sudah terlalu jauh. Yordania terus mengamankan keunggulan dan menutup laga dengan 77-52.

3 dari 3 halaman

Derrick Michael

Derrick Michael menjadi pencetak angka terbanyak di Indonesia dengan 14 poin dan delapan rebound. Sedangkan Yudha menyusul dengan 13 poin. 

Di kubu Yordania, ada tugas pemain yang sama-sama membuat 11 angka yakni Ahmad Al Dwairi, Yousef Abuwazaneh dan Sami Bzai.