Sukses

Hasil Malaysia Open 2022: Kurang Beruntung, Fajar/Rian Harus Puas Jadi Runner Up

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus puas menjadi runner up Malaysia Open 2022. Sebab, ganda putra Indonesia itu harus mengakui keunggulan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Fajar/Rian sebenarnya punya peluang memenangkan laga final Malaysia Open. Tapi, keberuntungan belum berpihak kepada juara Indonesia Masters 2022 itu.

Pasangan bulu tangkis dengan akronim Fajri ini kalah lewat rubber game. Juara Swiss Open 2022 takluk 24-22, 21-16, dan 9-21 dalam waktu 1 jam lima menit.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7) sore WIB, Fajar/Rian kerap tertinggal sejak awal gim pertama dalam perolehan poin. Hingga interval, mereka tertinggal 8-11.

Usai interval, Fajar/Rian secara perlahan mampu mengimbangi permainan Takuro/Yugo. Bahkan, unggulan keenam ini mampu berbalik unggul 20-19.

Fajar/Rian memiliki tiga kesempatan untuk memenangkan gim pertama, tetapi gagal. Justru Takuro/Yugo yang memaksa adu setting akhirnya merebut gim ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gim kedua dan ketiga

Di gim kedua, Fajar/Rian mencoba bangkit mengimbangi permainan Takuro/Yugo. Sempat tertinggal 2-4, juara Indonesia Masters 2022 itu berbalik memimpin 11-6.

Setelah interval, Takuro/Yugo mendapat lima poin beruntun buat menyamakan skor 11-11. Namun, Fajar/Rian kembali menambah selisih poin menjadi 15-11.

Takuro/Yugo sempat memperkecil skor 14-15. Tapi, pasangan unggulan kedua itu akhirnya menyerah 16-15 di gim kedua dari Fajar/Rian.

Pada gim ketiga atau penentuan, Fajar/Rian justru tampil antiklimaks. Unggulan keenam ini bermain di bawah tekanan dan membuat banyak kesalahan.

Poin demi poin yang didapat dengan mudah membuat Takuro/Yugo semakin percaya diri. Pasangan Jepang ini akhirnya menyudahi perlawanan Fajar/Rian dengan skor 21-9.

 

3 dari 3 halaman

Ganda putri

Kekalahan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuat Indonesia hanya mendapat satu gelar di Malaysia Open 2022. Gelar itu disumbang pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Apri/Fadia sukses menjadi kampiun setelah mengalahkan pasangan China Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Mereka menang rubber game 21-18, 12-21, dan 21-19 dalam durasi waktu 1 jam 11 menit.

Ini menjadi gelar World Tour pertama Apri/Fadia sejak dipasangkan. Hebatnya lagi, mereka meraih gelar hanya setelah mengikuti tiga turnamen.