Sukses

5 Negara dengan Skuad Termuda di Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta Seluruh slot tim yang akan berangkat ke Piala Dunia Qatar 2022 sudah terisi. Total ada 32 negara yang akan bertanding pada pegelaran pesta sepak bola 4 tahun sekali tersebut. Costa Rica menjadi tim terakhir yang bergabung, setelah memenangkan laga playoff melawan Selandia Baru dengan skor 1-0 di stadion Al – Rayyan, Qatar.

32 tim yang lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 diwakili oleh 13 Tim dari zona UEFA (Eropa), 4 tim dari zona CONMEBOL (Amerika Selatan), 3 tim dari zona CONCACAF (Amerika Utara), 5 tim dari zona CAF (Afrika), dan 5 tim pada zona AFC (Asia) termasuk tuan rumah Qatar. Sedangkan zona OFC (Oseania) tidak kebagian tiket setelah Selandia Baru kalah pada laga playoff tadi malam.

Piala Dunia Qatar 2022 akan diselenggarakan di akhir bulan November nanti, semua negara mulai melakukan persiapan sebaik mungkin dan memilih pesepakbola terbaik di negerinya.

Sepanjang kualifikasi Piala dunia Qatar ada beberapa negara yang mengandalkan pemain berpengalaman untuk mengisi squad terbaiknya namun tidak sedikit juga ada negara mempercayai pemain muda berbakat dengan daya juang tinggi untuk mengarungi kualifikasi tersebut. Berikut daftar 5 negara yang mendapat tiket Piala dunia Qatar 2022 dengan rataan umur termuda :

Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group telah resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022. Turnamen sepak bola akbar antarnegara ini bakal berlangsung di Qatar akhir tahun ini, yakni mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV, dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

 

2 dari 6 halaman

Amerika Serikat

Wakil dari zona CONCACAF ini memastikan tiket putaran final Piala Dunia Qatar 2022 setelah berada di posisi ketiga kualifikasi zona Amerika Utara.Keberhasilan ini menutupi pengalaman buruk edisi Piala Dunia empat tahun lalu di Rusia.

Di balik keberhasilan tim yang dipimpin oleh Gregg Berhalter, ada fakta menarik dimana tim sepak bola Amerika Serikat memiliki rataan umur termuda dengan rata-rata umur pemainnya 24 tahun. Timnas Amerikat Serikat diisi oleh 15 pemain yang memiliki umur lebih muda atau sama dengan 24 tahun, sedangkan hanya satu pemain yang berumur diatas 30 tahun yaitu S. Johnson dengan posisi kiper.

Beberapa pemain Amerika juga merupakan pemain penting di klub besar eropa, sebut saja Sergino Dest (21 tahun) yang membela FC Barcelona dan Christian Pulisic (23 tahun) yang membela klub sepak bola Chelsea.

3 dari 6 halaman

Meksiko

Tim Nasional Meksiko yang berada di zona kualifikasi Amerika Utara berada diposisi kedua setelah Amerika Serikat dengan memiliki rataan umur tim 24,7 tahun.

Meksiko adalah runner up zona kualifikasi CONCACAF setelah mengalahkan El Savador 2-0 di kandang. Tim yang menempati posisi 9 FIFA ini memiliki 5 pemain yang berkarir diluar negeri, salah satunya adalah Marcelo Flores dengan umur 19 tahun yang bermain di Arsenal U-23.

4 dari 6 halaman

Ghana

Black Star julukan timnas Ghana, melaju ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 setelah menyingkirkan Nigeria dengan unggul agregat gol tandang, ini merupakan Piala Dunia keempat bagi Ghana setelah pertama kali masuk Piala Dunia tahun 2006.

Ghana tergabung pada grup H Bersama Uruguay, Korea Selatan, dan Portugal. Squad Ghana memiliki rataan umur termuda di grup F sedangkan berada diurutan ketiga dari keseluruhan tim yang lolos dengan rataan umur 25 tahun.

Mayoritas pemain timnas Ghana berkarir di klub eropa seperti youngster Ajax FC Mohammed Kudus (20 tahun) dan penyerang andalan Rennes Kamaldeen Sulamena (20 tahun).

5 dari 6 halaman

Ekuador

Ekuador yang sempat terancam tidak bisa mengikuti putaran final Piala Dunia Qatar 2022 akhirnya bisa bernapas lega, setelah FIFA memutuskan dugaan Pemalsuan Dokumen yang dilakukan bek kanan Ekuador Bryan Castillo terbukti salah.

La Tricolore (Julukan Ekuador) menempati posisi keempat tim dengan rataan umur termuda sepanjang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Rataan umur La Tricolore hanya 2.4 bulan lebih tua dibanding Timnas Ghana.

Adapun bintang muda Timnas Ekuador yaitu Pervis Estupinian (24 tahun) yang sempat memberi kejutan pada liga champion setelah mengalahkan FC Bayern Munich di quarter final.

6 dari 6 halaman

Inggris

The Three lions adalah salah satu tim calon favorit juara Piala Dunia Edisi kali ini. Ditunggangi oleh pelatih lokal Gareth Souhtgate yang suka memasang pemain muda, inggris memiliki rataan umur yang sama dengan Ekuador dengan rataan umur 25,2 tahun (sumber : transfermarkt).

Skuad besutan Southgate juga sudah membuktikan bahwa pemain muda dapat berbicara banyak pada pegelaran Piala Dunia 2018 Rusia walaupun hanya menduduki posisi empat.

Posisi tim asuhan Southgate di Piala Dunia Qatar 2022 dianggap lebih matang dibanding Piala Dunia edisi empat tahun lalu karena saat ini The Three Lions berisikan wonderkid seperti J. Bellingham (18 tahun/Borrusia Dortmund), B. Saka (20 tahun/ Arsenal FC), Phil Foden (22 tahun/Manchester City), R. James (23 tahun/ Chelsea FC), dan Trent-Alexander Arnold (Liverpool FC).