Sukses

Cedera, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Mundur dari Malaysia Open 2022

Kabar kurang mengenakan datang dari sektor ganda putra Indonesia. Pasangan yang akrab disapa The Babies, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus mundur dari perhelatan Malaysia Open yang berlangsung 28 Juni hingga 3 Juli.

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mundur dari Malaysia Open 2022 akibat cedera yang dialami saat latihan. Hal ini disampaikan oleh pelatih kepala ganda putra, Herry Iman Pierngadi melalui keterangan tertulis. 

Menurut coach yang akrab disapa Naga Api ini, Leo menderita cedera pinggang saat latihan pada Kamis lalu. 

“Leo/Daniel kami tarik dari Malaysia Open 2022 karena Leo ada cedera di pinggangnya. Minggu ini ia akan fokus pemulihan dan terapi sembari kami pantau kesiapannya tampil di Malaysia Masters dan Singapore Open,” kata Herry lewat keterangan tertulis PP PBSI, Minggu (26/6/2022). 

Lebih lanjut, Leo juga menjelaskan rasa sakitnya muncul ketika menjalani sesi latihan untuk persiapan tur Asia Tenggara yang akan dimulai dari Malaysia Open pada pekan depan. 

“Sudah diperiksa dokter dan sekarang sedang menunggu hasil MRI. Saya berharap semoga cederanya tidak parah dan bisa tampil di Malaysia Masters dan Singapore Open,” ujar Leo. 

Sebagai informasi, Leo/Daniel merupakan pasangan ketiga Indonesia yang memutuskan mundur dari Malaysia Open 2022. Sebelumnya, pasangan Pramudya/Yeremia juga mundur karena mengalami cedera ACL. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Marcus/Kevin

Tak hanya pasangan Leo/Daniel dan Pramudya/Yeremia, unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya juga dipastikan mundur karena Marcus belum sepenuhnya pulih dari cedera pasca operasi. 

"Karena Marcus belum pulih dari cedera pasca operasi di bagian tumit kirinya. Gerakannya di lapangan belum normal seperti dulu," imbuhnya.

Di mata coach Naga Api, penampilan pada Indonesia Masters dan Indonesia Open merupakan ajang serta test case bagi Marcus. Ini untuk melihat tingkat pemulihan pebulu tangkis berusia 31 tahun itu.

Meski belum pulih sempurna, penampilan Kevin/Marcus tetap diberi apresiasi. "Dengan kondisi belum pulih 100 persen, Marcus dan Kevin bisa tampil oke," ucap Herry IP.

"Meski begitu, penampilan Marcus di lapangan, terutama gerakannya, belum maksimal. Masih perlu waktu untuk bisa kembali pulih 100 persen."

Selain kendala Marcus belum pulih dari cedera, waktu persiapan untuk menuju ke Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open juga sangat mepet. Hanya ada waktu satu minggu setelah tampil di Indonesia Open.

3 dari 4 halaman

Agenda Selanjutnya Pebulu tangkis

Setelah selesai perhelatan di Indonesia, para pebulu tangkis akan melanjutkan perjuangan ke Kuala Lumpur, Malaysia pada ajang Malaysia Open 2022 yang akan dilangsungkan pada 28 Juni hingga 3 Juli mendatang. 

Ini merupakan kejuaraan super 750 yang menyiapkan hadiah sebesar 675.000 dollar Amerika Serikat atau sekitar 10 kuadriliun. 

Beberapa pemain unggulan seperti Akane Yamaguchi, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya, dan Viktor Axelsen akan meramaikan ajang yang dilangsungkan di Axiata Arena, Kuala Lumpur ini. 

Tak hanya itu, wakil Indonesia di sektor putri akan langsung menghadapi tantangan berat di babak 32 besar Malaysia Open 2022. 

4 dari 4 halaman

Hasil Undian Malaysia Open 2022

Tunggal Putra: 

Anthony Sinisuka Ginting vs Sai Praneeth (India) 

Jonatan Christie vs Sameer Verma (India) 

Tommy Sugiarto vs Kenta Nishimoto (Jepang) 

Tunggal Putri: 

Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Ganda Putra: 

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Jeppe Bay/ Lasse Molhede (Denmark) 

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (Tiongkok) 

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Goh V Shem/Low Juan Shen (Malaysia) 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (Tiongkok) 

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Ganda Putri: 

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Baek Ha Na/Lee Yu Lim (Korea Selatan) 

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan) 

Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto vs Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) 

Ganda Campuran: 

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Chan Peng Soon/Cheah Yee See (Malaysia) 

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Chang Tak Ching/Ng Wing Yung (Hong Kong) 

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark) 

Hafiz Faizal/Serena Kani vs Hee Yong Kai Terry/ Tan Wei Han Jessica (Singapura)

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.