Sukses

Cegah Keracunan Berulang, PBSI Imbau Peserta Indonesia Open 2022 Tidak Makan di Luar Hotel

Beberapa atlet Negeri Jiran mengalami keracunan makanan dan harus dilarikan ke rumah sakit. Melihat kejadian tersebut, PP PBSI melakukan upaya-upaya untuk mencegah hal tersebut agar tidak terulang di kejuaraan super 1000, Indonesia Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) melakukan berbagai cara untuk menjaga keamanan makanan yang akan dikonsumsi oleh para atlet yang akan berlaga di Indonesia Open 2022. PBSI tidak ingin atlet kembali mengeluh keracunan makanan seperti di Indonesia Masters.

Sebelumnya, di ajang Indonesia Masters 2022, beberapa pebulu tangkis dari Negeri Jiran harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami keracunan makanan. Setelah diinvestigasi, ternyata para atlet dari Malaysia mengonsumsi makanan dari luar hotel. 

Sekretaris Jenderal PP PBSI, Muhammad Fadil Imran menjelaskan bahwa atlet-atlet Malaysia yang mengonsumsi makanan di luar hotel bukan pemain yang mewakili Federasi Badminton Malaysia (BAM). 

“Hasil investigasi sementara mereka itu makan di luar dan tidak makan yang sudah disiapkan Hotel Century. Kenapa bisa makan di luar? Karena pemain Malaysia itu bukan pemain yang mewakili Federasi Badminton Malaysia (BAM), tapi pemain perseorangan,” ucap Fadil dilansir dari Antaranews.com.

Lebih lanjut, dia juga memastikan bahwa pihak pelaksana dan PBSI telah melakukan upaya mulai dari memisahkan tempat makan para atlet dan peserta dengan pengujung maupun tamu biasa hingga memastikan setiap makanan sesuai dengan SOP yang berlaku. 

“Hari itu juga semua layanan makan pagi, siang, dan malam kami pindahkan ke lantai delapan, tidak bergabung dengan tamu lain,” ucapnya. “Saya juga memerintahkan untuk meningkatkan pengecekan makanan sesuai SOP. Jadi semua makanan yang disajikan untuk para atlet melalui pemeriksan.”

“Tapi kami juga mengimbau kepada atlet agar selama pertandingan untuk mengkonsumsi makanan yang disediakan hotel,” pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluhan Atlet Malaysia

Pada Indonesia Masters 2022, atlet ganda putra Malaysia yang diketahui merupakan pemain independen, Low Juan Shen mengeluhkan bahwa makanan yang dikonsumsi dia dan rekan-rekannya di Indonesia Masters 2022 tidak bersih. 

“Makanannya tak bersih. Memang sebab makanannya. Ciri-cirinya mirip,” tutur Low Juan Shen dalam live instagramnya. Setelah kejadian tersebut, pemain yang akrab disapa Zubbear itu memposting makanan pertamanya, yaitu bubur yang disertai pangsit goreng. 

Selain itu, pemain ganda campuran Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Lai juga membagikan hal serupa dalam akun Instagramnya. Dalam Instagram story yang dibagikan oleh Shevon, Goh Soon Huat terlihat sedang memuntahkan makanan yang dikonsumsi di dalam wastafel hotel. 

“Bangga dengan kamu yang menyelesaikan pertandingan hari ini, namun tidak dapat kembali ke kamar sebelum (muntah),” tulis Shevon pada akun Instagram pribadinya. 

Lebih lanjutnya, salah satu atlet ganda putra Malaysia, Teo Ee Yi yang juga keracunan makanan harus menyantap roti putih. Dalam akun Instagram pasangannya, Ong Yew Sin, Teo Ee Yi terlihat tidak bertenaga. 

“Orang sakit makan roti putih, jee,” tulis Ong Yew Sin pada akun Instagramnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Wakil Indonesia di Indonesia Open 2022

Lapangan 1: 

Pertandingan ke-5: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Seo Seung Jae/ Chae Yu Jung 

Pertandingan ke-12 :Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Wahyu Nayaka Arya

 

Lapangan 2: 

Pertandingan ke-4:Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau 

Pertandingan ke-6: Anthony Sinisuka Ginting vs Tommy Sugiarto 

Pertandingan ke-9: Hafiz Faizal/Serena Kani vs Soong Joo Ven/Goh Liu Ying

Pertandingan ke-10: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Fabien Delrue/William Villeger 

Pertandingan ke-13: Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae

Ket: Pertandingan dimulai pukul 09.00 WIB

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.