Sukses

Hasil UEFA Nations League: Spanyol Raih Kemenangan Perdana, Portugal Pimpin Klasemen

Portugal dan Spanyol berhasil menundukkan lawan-lawannya dalam pertandingan ketiga Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan kembali diraih Portugal pada matchday 3 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23. Pada laga di Estadio Jose Alvalade, Jumat dini hari WIB (10/6/2022), Cristiano Ronaldo dkk kalahkan Republik Ceko 2-0.

Kedua gol Portugal dilesakkan Joao Cancelo dan Goncalo Guedes. Hasil ini mengukuhkan posisi Portugal di puncak klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A.

Pada laga lain Spanyol akhirnya berhasil memetik kemenangan perdananya di ajang UEFA Nations League. Kemenangan tersebut diperoleh usai bertemu Swiss di Stade de Geneve dengan skor 1-0.

La Furia Roja hanya memperoleh hasil imbang dalam dua laga sebelumnya, yakni ketika bertemu Republik Ceko dan Portugal. Kemenangan atas Swiss membuat mereka bisa bertengger di peringkat kedua Grup 2 League A dengan raihan lima poin.

Pada pertandingan lawan Republik Ceko, Portugal yang main sebagai tuan rumah tampil dominan sejak awal pertandingan. Mereka lebih banyak menguasai bola, dan mengurung lawannya yang mengandalkan serangan balik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bangkit

Portugal mencoba mengambil inisiatif serangan begitu pertandingan dimulai. Republik Ceko sendiri mampu menunjukkan perlawanan intens dalam 10 menit pertama.

Perlawanan Republik Ceko sempat membuat Portugal kerepotan. Meski memulai laga dengan apik, Portugal justru kesulitan hingga pertengahan babak pertama.

Namun, Portugal akhirnya berhasil bangkit dan memecah kebuntuan pada menit 33. Menerima umpan Bernardo Silva, Cancelo langsung melepas tembakan ke tiang jauh.

3 dari 5 halaman

Kembali Unggul

Tak lama kemudian Portugal berhasil menggandakan keunggulan. Memanfaatkan Umpan Neves, Guedes mendorong bola mendatar untuk menaklukkan Stanek.

Ketinggalan 2-0, Republik Ceko coba melawan dengan meningkatkan tempo permainan. Memasuki 10 menit akhir, Portugal kembali mengatur tempo pertandingan. Tapi, hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan.

4 dari 5 halaman

Gol Cepat

Pada pertandingan lain, Spanyol mendapatkan gol ketika pertandingan sudah berjalan selama 13 menit. Penggawa PSG yang dipinjamkan ke Sporting Lisbon musim lalu itu berhasil menjebol gawang Swiss dengan memanfaatkan asis dari Marcos Llorente.

Dan seperti di laga-laga sebelumnya, Spanyol memegang total penguasaan bola dalam pertandingan ini. Namun mereka kerap mendapatkan kesulitan saat harus berhadapan dengan sektor pertahanan Swiss yang ketat dan disiplin.

Tidak banyak peluang emas yang tercipta di babak pertama. Alhasil, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan sampai wasit memutuskan turun minum.

5 dari 5 halaman

Peluang

Tidak banyak perubahan terlihat di awal babak kedua. Masing-masing tim memutuskan untuk menyimpan jatah pergantian pemainnya. Mereka pun tidak terlihat menyentuh apapun dalam strateginya.

Spanyol mendapatkan peluang mencetak gol yang disia-siakan Llorente pada menit ke-65. Gelandang Atletico Madrid tersebut mendapatkan ruang tembak di wilayah pertahanan Swiss, tapi bidikannya masih melebar dari sisi gawang.

Skor 1-0 tidak mengalami perubahan sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya permainan. Spanyol berhak dinyatakan sebagai pemenang berkat gol semata wayang yang dicetak Pablo Sarabia di babak pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.