Sukses

Piala Asia U-23 2022: Vietnam Dampingi Korsel ke Perempat Final

Vietnam menjadi runner up Grup C dan berhak mendampingi Korsel lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2022. Kepastian tersebut didapat setelah skuad racikan Gong Oh-Kyun mengalahkan Malaysia 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup C di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Rabu (8/6/2022).

Vietnam menang atas Malaysia berkat gol Nham Manh Dung di menit ke-28. Sementara satu gol lainnya dicetak Bui Hoang Viet Anh pad amenit ke-45+8.

Tambahan tiga angka membuat Vietnam U-23 menempati peringkat kedua klasemen Grup C. Tim berjuluk The Golden Star itu mengantongi lima poin hasil dari tiga pertandingan.

Vietnam mendampingi Korea Selatan yang melaju ke perempat final Piala Asia U-23. Pasukan Hwang Sun-Hong menjadi juara Grup C dengan tujuh poin.

Korsel menumbangkan Thailand 1-0 pada laga terakhir di Stadion Paxtakor Markaziy, Tashkent. Go Jae-Hyeon menjadi pencetak gol kemenangan Korsel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunggu lawan

Korea Selatan dan Vietnam masih menunggu lawan di perempat final. Korsel akan melawan runner up Grup D. Sedangkan Vietnam menantang juara Grup D.

Dua tiket perempat final di Grup D masih akan diperebutkan Saudi Arabia, Jepang, dan Uni Emirat Arab. Saudi Arabia saat ini telah mengumpulkan empat poin, sama seperti Jepang. Sementara Uni Emirat Arab tiga poin.

Pada laga terakhir, Jepang bakal melawan Tajikistan di Stadion Milliy, Tashkent, Kamis (9/6/2022) pukul 20:00 WIB. Sementara pada waktu yang sama, Saudi Arabia akan menghadapi Uni Emirat Arab di Stadion Lokomotiv.

 

3 dari 3 halaman

Grup A dan B

Dari Grup A, dua tim yang melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2022 adalah Uzbekistan dan Turkmenistan. Uzbekistan lolos sebagai juara grup dengan tujuh poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Iran.

Bermain di Stadion Markaziy, Qarshi, Rabu (8/6/2022), Uzbekistan unggul terlebih dahulu di menit ke-22 lewat gol Otabek Joraqoziev. Iran kemudian membalas dengan gol Aria Yousefi pada menit ke-62.

Hasil imbang juga didapat Turkmenistan saat melawan Qatar di Stadion Milliy. Qatar unggul 2-0 terlebih dahulu dengan gol Osamah Al Tairi di menit ke-65 dan 73. Turkmenistan lalu membalas lewat Begencmyrat Muradov.

Sementara dua tiket perempat di Grup B menjadi milik Australia dan Irak. Australia mengalahkan Jordan 1-0 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Selasa (7/6), berkat gol Ramy Najjarine di menit ke-61.

Hasil itu membuat Australia mengumpulkan tujuh poin, unggul dua poin atas Irak yang finis di peringkat kedua. Irak pada laga terakhir menaklukkan Kuwait 3-1 di Stadion Markaziy.

Ketiga gol Irak dicetak oleh Muntadher Mohammed, Moamel Abdulridha Ogaili, dan Mohammed Albager setelah tertinggal terlebih dahulu di menit ke-12 dengan gol Yousef Al Rasheedi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.