Sukses

Sponsor Bir di Formula E Jadi Perdebatan, Ini Komentar Pengamat

Formula E di Ancol Jakarta salah satunya menggaet sponsor bir asal Belanda, Heineken yang memunculkan pro dan kontra.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat kebijakan publik, Sugiyanto mengomentari hadirnya sponsor bir di event internasional Formula E atau Jakarta E Prix yang dihelat di Ancol, Sabtu (4/6/2022). Seperti diketahui, Formula E di Ancol disponsori perusahaan bir asal Belanda, Heineken.

Sugiyanto mengatakan panitia seakan tak mengindahkan keluhan masyarakat atas munculnya perusahaan bir sebagai sponsor acara. Menurut Sugiyanto, hal ini cukup miris mengingat produk tersebut tidak sesuai dengan norma masyarakat Indonesia.

Terlebih, ada sejumlah batasan terkait promosi produk minuman beralkohol di Indonesia khususnya Jakarta. Formula E di Jakarta berkilah tak menampilkan logo bir Heineken .

Sugiyanto menyebut keputusan menghilangkan logo bir Heinekan hanya akal-akalan panitia. Pasalnya, hal tersebut tidak menghilangkan esensi bahwa produk bir menjadi sponsor ajang Formula E.

"Pemasangan logo bir Heinekan diganti dengan pemasangan slogan When you drive. You never drink," ujar Sugiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Sponsor

 

Sementara itu, PT Multi Bintang Indonesia sendiri memastikan tidak akan menjual produk bir di arena Formula E. Hal ini disampaikan Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan.

Dia mengatakan, perusahaan mengganti logo bir dengan slogan bertajuk "When you drive, you never drink". Ini bertujuan mengajak masyarakat tidak menggunakan alkohol selama berkendara.

PT Multi Bintang Indonesia merupakan organisasi induk Heineken International BV di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.