Sukses

Gunakan Sirkuit Baru, Bos Formula E Jamin Jakarta E-Prix Berlangsung Menarik

Chief Executive Formula E Jamie Reigle yakin balapan Jakarta e-Prix 2022 berlangsung menarik. Kehadiran sirkuit baru akan menjadi tantangan menarik bagi pembalap.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Formula E Jamie Reigle yakin balapan Jakarta e-Prix 2022 berlangsung menarik. Kehadiran sirkuit baru akan menjadi tantangan menarik bagi pembalap.

Jakarta International e-Prix Circuit bakal menggelar Formula E Jakarta pada Sabtu (4/6/2022).

"Kami sangat bersemangat karena ini pertama kalinya balapan di Jakarta. Tim kami berkunjung akhir 2021, jadi hanya enam bulan yang lalu dan sirkuitnya belum dibangun," kata Reigle pada konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

"Jadi kita semua tahu itu adalah sirkuit baru yang benar-benar disukai para pembalap karena itu berarti mereka dapat menjajal lingkungan baru," sambungnya.

Dari segi desain, Reigle menyebut Jakarta International e-Prix Circuit khusus dirancang untuk Formula E. Sirkuit memiliki karakter cukup cepat dengan banyak tikungan yang membuat lomba berjalan seru. "Karena baru pertama kali, sulit memprediksi hingga balapan nanti digelar," ujar Reigle.

Jakarta International e-Prix Circuit diharapkan dapat rutin menggelar Formula E. Sebab, Reigle menjelaskan, sirkuit ini dirancang untuk tumbuh bersama dengan kompetisi yang bakal rutin digelar dalam beberapa tahun ke depan.

"Kami ingin kembali setiap tahun, sangat penting bagi kami untuk memiliki kelanjutan di kejuaraan ini. Kami ingin Jakarta menjadi bagian dari kalender kompetisi untuk waktu yang lama. Kami memiliki kesepakatan jangka panjang untuk kembali lagi," kata Reigle.

"Saya pikir itu sebabnya pemerintah Jakarta melakukan investasi di sirkuit baru, dan area yang seharusnya menjadi area pengembangan keseluruhan untuk olahraga dan motosport adalah bagian dari itu. Semoga kami memiliki akhir pekan pertama yang baik di akhir pekan ini," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Mulai Tiba

Jakarta e-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Pembalap Mercedes-EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne memimpin klasemen dengan perolehan 111 angka, unggul 12 poin atas pesaing terdekat Edoardo Mortara dari ROKiT Venturi Racing.

Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Satu persatu pembalap dan kru Formula E yang akan berlaga mulai berdatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (31/5/2022).

"Hari ini, ada 18 orang pembalap dan 904 orang kru formula E yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto.

Menurutnya, pembalap dan kru yang masuk diberlakukan Visa B211 dan Visa On Arrival (VOA) bagi negara yang masuk dalam subjek VOA. 

Selain itu, penumpang dari luar negeri yang memiliki tujuan untuk menonton ajang Formula E dapat menggunakan Visa jenis Bebas Visa Kunjungan (BVK), apabila negaranya masuk dalam subjek BVK dan Visa On arrival (VOA) apabila negaranya masuk dalam subjek VOA. 

"Untuk memperlancar proses kedatangan pembalap dan kru formula E, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan konter khusus di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Terminal 3 kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian acara Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang terdiri dari sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.15–07.55 pagi WIB.

Berlanjut pada sesi latihan bebas kedua yang akan dihelat pada pukul 08.55–09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.40 -11.55 WIB. Lalu pada pukul 13.00-14.00 WIB akan diisi pertunjukkan musik dengan balapan dimulai pukul 15.04 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.