Sukses

Minta Bantuan Presiden Joe Biden, Pasangan Brittney Griner: Dia Memiliki Kekuatan

Liputan6.com, Jakarta Tujuh kali WNBA All-Star dan dua kali WNBA Defensive Player of the Year, Brittney Griner masih berada dalam tahanan Rusia setelah ditahan pada bulan Februari di Bandara Internasional Sheremetyevo. Layanan Bea Cukai Federal Rusia mengklaim telah menemukan kartrid vape yang berisi minyak hashish konsentrat ganja di bagasi Griner. 

Perempuan yang berusia 31 tahun itu tengah dalam penyelidikan kriminal untuk ‘transportasi narkoba skala besar.’ Pelanggaran ini dapat membawa seseorang dijatuhi hukuman hingga 10 tahun. 

Sejak penahanannya, Phoenix Mercury, tim WNBA Griner dan WNBPA terus memberikan dukungan yang tak henti-henti kepada Griner. Tak hanya timnya, pemerintah AS juga telah bersatu untuk membela Griner. 

Pasangan Brittney Griner, Cherelle Griner juga berbicara mengenai situasi Griner dalam sebuah wawancara “Good Morning America” pada (25/5/2022). Dia mengatakan keduanya belum berkomunikasi secara verbal selama lebih dari 100 hari, karena telepon istrinya diambil tak lama setelah dia memasuki tahanan polisi. 

Cherelle Griner juga meminta untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden selama wawancara. 

“Saya hanya terus mendengar bahwa, anda tahu, dia memiliki kekuatan. Dia adalah pion politik,” katanya istri Griner dilansir dari CBS Sports, Jumat (27/5/2022). “Jadi jika mereka memeluknya karena mereka ingin kami melakukan sesuatu, maka aku ingin kamu melakukannya.” 

2 dari 3 halaman

Dukungan Pemerintah AS

Melansir CBS Sports, pemerintah AS juga meminta agar penahanan Griner dapat dinegosiasikan dan memulangkannya daripada menunggu hingga persidangannya di Rusia berakhir.

“Departemen Luar Negeri telah menentukan bahwa Federasi Rusia telah secara salah menahan warga negara AS Brittney Griner,” kata juru bicara departemen luar negeri kepada ESPN. “Dengan tekad ini, utusan khusus presiden untuk urusan sandera Roger Carstens akan memimpin tim antarlembaga untuk mengamankan pembebasan Brittney Griner.” 

3 dari 3 halaman

Griner Dalam Kondisi Baik

Departemen Luar Negeri AS, Ned Prince menjelaskan kondisi Griner di dalam tahanan. Griner ditemukan dalam kondisi baik. 

“Pejabat kami menemukan Brittney Griner dalam kondisi baik, dan kami akan terus melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan bahwa dia diperlakukan dengan adil selama cobaan ini.” kata Ned Prince

Penulis: Jesslyn Koesman