Sukses

Vietnam Bungkam Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 Jadi Runner-Up Grup

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 harus puas dengan status runner-up Grup A SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong turun posisi karena Vietnam menaklukkan Timor Leste di partai terakhir.

Vietnam membekuk Timor Leste 2-0 di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/2022). Gol kemenangan dicetak Nguyen Van Tung ('53) dan Ho Thanh Minh ('65).

Tuan rumah SEA Games itu kini mengoleksi 10 angka dari empat pertandingan. Mereka memimpin satu nilai atas Timnas U-23 Indonesia.

Kedua tim kini menunggu lawan dari Grup B pada semifinal. Vietnam bakal menghadapi runner-up dengan timnas U-23 meladeni juara.

Posisi tersebut baru diketahui hasil laga yang berlangsung Senin (16/5/2022). Saat ini Malaysia menempati peringkat pertama disusul Thailand. Pada partai terakhir, Malaysia bakal meladeni Kamboja dengan Thailand bertemu Laos.

Semifinal berlangsung Kamis (19/5/2022) dengan laga perebutan emas digelar Minggu (22/5/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Libas Myanmar

Beberapa jam sebelumnya, timnas Indonesia U-23 menaklukkan Myanmar 3-1. Egy Maulana Vikri ('6), Witan Sulaeman ('10) dan Marselino Ferdinan (45+2) membawa Garuda Muda unggul pada jeda. Myanmar mendapat gol hiburan dari Win Naing Tun ('67).

Timnas U-23 langsung mendesak pertahanan Myanmar. Mereka langsung mendapat peluang saat laga belum genap berjalan dua menit.

Indonesia akhirnya mencetak gol. Irfan Jauhari melepas tembakan di kotak penalti tapi diblok pertahanan Myanmar. Bola muntah disambar Egy Maulana Vikri tapi masih membentur bek lawan. Namun bola masih melambung masuk ke gawang lawan. 1-0!

Menit ke-10, Ricky Kambuaya melakukan drive ke kotak penalti. Ia sempat mengecoh lawan namun alih-alih menembak ia malah memberikan backheel pada Witan Sulaeman. Dengan sepakan kaki kanannya. Witan sukses menjebol gawang Myanmar. 2-0!

Pada injury time, Indonesia bisa mencetak gol lagi. Dari sepak pojok, pemain Myanmar gagal melakukan clearance dengan sempurna. Bola yang jatuh di depan kotak penalti kemudian disambar Marselino Ferdinan. Bola berbelok arah usai membentur pemain lawan dan masuk ke gawang. 3-0!

Dalam kedudukan nyaman, timnas coba menguasai jalan pertandingan. Mereka mendapat peluang memperbesar skor melalui Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, Ronaldo Kwateh, hingga Marc Klok.

Namun,, justru Myanmar yang memperkecil skor melalui Win Naing Tun. Golnya pada pertengahan babak kedua sempat menumbuhkan harapan Myanmar. Namun, anak asuh Shin Tae-yong tampil tenang untuk mengamankan kemenangan.