Sukses

Update Perolehan Medali SEA Games 2021: Indonesia Tambah 1 Emas, Tuan Rumah Belum Terkejar

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia menambah kepingan medali di ajang SEA Games 2021. Cabang olahraga rowing kembali menyumbang satu emas lewat nomor Lightweight Men’s Coxless Fours, Jumat (13/5/2022). 

Di babak final, tim Indonesia yang diperkuat Mahendra Yanto, Denri Al Ghifari, Ferdiansyah, dan Ali Buton, berhasil mengalahkan Thailand, Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Mereka berhasil finis pertama dalam lomba yang berlangsung di Thuy Nguyen Boat Racing Center, Hai Phong, Jumat pagi tadi.

Mahendra dkk mencatat waktu tercepat yakni, 06 menit 47.729 detik. Sementara Vietnam yang meraih perak hanya terpaut kurang lebih lima detik. Sedangkan perunggu berhasil direbut Filipina.

Tambahan emas ini membuat posisi Indonesia beranjak dari urutan ketiga dengan 4 emas, 6 perak, dan 1 perunggu. Sementara posisi teratas masih ditempati oleh tuan rumah Vietnam dengan 12 emas, 8 perak, dan 11 perunggu. Malaysia berada di urutan kedua dengan 9 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

Selain emas, hingga pukul 11.25 WIB, Indonesia juga mendapat tambahan dua medali perak.

Sejauh ini, cabang rowing sudah menyumbang 3 emas bagi Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi. Dua emas sebelumnya diraih pada Rabu pagi (12/5/2022). Emas pertama bagi kontingen Indonesia disumbangkan oleh duet Kakan Kusmana dan Ardi Isadi dari nomor Lightweight Men’s Double Sculls. 

Mereka tampil gemilang dalam lomba yang berlangsung di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Hai Pong, Vietnam. Keduanya mengungguli  pasangan Filipina Cris Nievarez dan Christian del Rosario yang merebut perak. Sementara medali perunggu disabet atlet Vietnam, Nhu Dinh Nam dan Bui Van Hoan.

2 dari 3 halaman

Tambang Medali

Rowing juga menyumbang emas kedua bagi Indonesia lewat Sulfianto dan La Memo yang tampil di nomor Men’s Double Sculls. Medali perak direbut pasangan Thailand Chanin Penthongdee dan Prem Nampratueng. Sementara perunggu direbut wakil Kamboja Chov Somrach dan Phorn Sophean.

Selain dua medali emas, Indonesia juga merebut perak dari rowing nomor women quadruple sculls (W4X). Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya keluar sebagai runner up setelah mengukir catatan waktu 7 menit 23,614 detik. Medali emas diraih oleh tim Vietnam.

3 dari 3 halaman

Emas Pencak Silat

Sementara itu, emas lainnya diraih dari cabang pencak silat lewat penampilan Ririn Rinasih dan Riska Hermawan di nomor seni ganda putr. Ririn dan Riska mengumpulkan 9.925 poin, unggul atas wakil Vietnam, Thi Thu Ha Nguyen dan Thi Huyen Nguyen, yang meraih medali perak.

Saya di nomor lain yang diunggulkan, yakni nomor seni tunggal putri, Indonesia gagal menorehkan prestasi yang sama. Puspa Arum Sari yang menjadi peraih emas di Asian Games Palembang 2018 harus puas merebut medali perak setelah kalah dari atlet Filipina, Mary Francine Padios Cezar.

Sementara itu, medali perunggu pertama yang diraih Indonesia dipersembahkan oleh atlet kick boxing putri, Nadya Nakhoir. Dia tampil di nomor full contact kelas -48 kg.

Jangan lewatkan klasemen medali SEA Games 2021 Hanoi pada tautan ini.