Sukses

Robert Lewandowski Tolak Perpanjang Kontrak dengan Bayern Munchen

Liputan6.com, Jakarta Bintang Bayern Munchen Robert Lewandowski dilaporkan enggan memperpanjang kontrak dengan sang raksasa Bundesliga. Hal ini membuat rumor transfernya ke Barcelona kian menjadi bahan pembicaraan.

Sebagai informasi, Lewandowski akan mengakhiri masa kontraknya bersama Bayern Munchen pada Juni 2023. Pihak klub sejatinya belum ingin berpisah dengan pesepak bola asal Polandia.

Laporan Mirror menyebut Die Roten telah mencoba menyodorkan kesepakatan baru demi memperpanjang masa tinggal Lewandowski di Allianz Arena. Sayangnya, tawaran itu tak bersambut baik. Sang pemain ogah menandatangani kontrak anyar di Bayern Munchen.

Keputusan Lewandowski untuk menampik tawaran Die Roten nampaknya tak lepas dari ambisi Bayern Munchen sendiri. Sport Bild mengeklaim kapten Timnas Polandia itu kecewa dengan klubnya lantaran mereka memilih mengejar striker Borussia Dortmund, Erling Haaland, sebagai pengganti jangka panjang.

Akan tetapi, Haaland kini justru santer dikaitkan dengan raksasa Liga Inggris, Manchester City. Wonderkid asal Norwegia itu kabarnya akan bergabung dengan The Citizens melalui kesepakatan fantastis senilai lebih dari 200 juta poundsterling.

Adapun Lewandowski diprediksi bakal merapat ke Barcelona. Klub yang bertengger di peringkat dua klasemen La Liga difavoritkan untuk menyewa jasa Lewandowski, usai manajer Xavi Hernandez melabelinya sebagai pemain hebat. Presiden klub Joan Laporta juga sempat mengatakan kepada seorang penggemar, bahwa transfer ini mungkin terjadi.

2 dari 3 halaman

Peringatan

Dilansir dari Mirror, Bayern sejatinya telah mendapat peringatan soal potensi kepergian Lewandowski dari Allianz Arena.

Pemain berusia 33 tahun itu memang merupakan penembak jitu yang membantu mengantar klubnya keluar sebagai kampiun Bundesliga. Kepindahan Lewandowski tak pelak bakal menyebabkan kehilangan besar bagi kubu Bayern Munchen.

Kendati demikian, CEO Bayern Munchen Oliver Kahn terlampau optimistis menanggapi masa depan Lewandowski. Ia baru-baru ini mengungkap pihaknya akan tetap bersama pemain asal Polandia itu jelang musim depan.

“Kami pasti akan bersama Robert Lewandoski untuk musim berikutnya. Kami tahu apa yang kami miliki dalam dirinya dan kami santai mengenai hal itu,” ujar Kahn kepada Amazon Prime Deutschland, seperti dikutip dari Mirror.

“Kami tidak gila dan (tidak akan) membahas transfer bagi pemain yang mencetak sekitar 30–40 gol untuk kami setiap musim,” sambung sang petinggi Bayern Munchen

3 dari 3 halaman

Pengganti Messi

Di sisi lain, Barcelona kemungkinan akan mengeluarkan upaya terbaiknya demi menggaet Lewandowski ke Camp Nou. Pemberitaan Liputan6.com pada April lalu menyebut Blaugrana berencana memberi peran Lionel Messi bagi sang pemain.

Hal ini bisa menjadi kesepakatan menarik buat Lewandowski. Pasalnya, Lionel Messi sebelumnya tidak hanya berperan sebagai penyerang utama klub, tetapi juga memegang status cukup tinggi dalam ruang ganti Barcelona.

Laporan lain mengeklaim Barca telah mencapai kesepakatan verbal dengan sang pemain. Klub yang ditukangi oleh Xavi Hernandez tersebut bersedia memberi kontrak tiga tahun bagi Lewandowski di Camp Nou.

Kondisi ini tentu akan membawa keuntungan bagi Barcelona. Namun, Barca juga harus rela memberi tawaran tinggi karena mahar senilai 50 juta euro sempat ditolak. Barcelona pun harus memutar otak agar bisa membujuk Munchen untuk melepaskan pemain bintangnya.