Sukses

Ratu Lari Gawang Emilia Nova Bakal Jadi Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan SEA Games 2021

Liputan6.com, Jakarta SEA Games 2021 Hanoi segera dibuka secara resmi malam ini, Kamis (12/5/2022). Upacara pembukaan akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, mulai pukul 19.00 waktu setempat.

Sebagai salah satu negara peserta, Indonesia telah menyiapkan tim yang akan mengikuti defile pada malam nanti. Sebanyak 29 orang yang merupakan gabungan atlet dan ofisial bakal mewakili Indonesia. Sementara atlet putri cabang olahraga atletik, Emilia Nova dipercaya sebagai pembawa bendera.

Chef de Mission (CdM), Ferry Kono memimpin langsung tim defile Indonesia. Dia akan berjalan berdampingan bersama flag bearer Emilia Nova, diikuti ke-23 atlet dari empat cabang olahraga yakni atletik, renang, jujitsu, dan esports serta didampingi lima perwakilan headquarter.

Menurut Ferry, pemilihan peserta defile disesuaikan dengan jadwal atlet yang baru bertanding pada 14 Mei 2022. "Jadi kami juga ingin menjaga kondisi atlet agar tidak kelelahan saat Pertandingan,” kata Ferry dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari tim media CdM, Rabu siang (11/5/2022).

Pada SEA Games 2021 ini, kontingen Indonesia berkekuatan 499 atlet serta 214. Mereka akan bertarung di 32 cabang olahraga dari 40 cabang yang dipertandingkan hingga 23 Mei mendatang.

Meski pembukaan baru digelar malam ini, sebagian cabang olahraga sudah memperebutkan medali. Sejauh ini, Indonesia berada di urutan ketiga dengan koleksi 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Sementara urutan teratas ditempati Vietnam dengan 10 emas, 7 perak, dan 10 perunggu.

Malaysia berada di peringkat kedua. Negeri Jiran mengoleksi 9 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

 

 

2 dari 4 halaman

Rowing Sumbang 2 Emas

Cabang rowing jadi primadona pekan awal SEA Games 2021. Emas pertama dipersembahkan oleh Kakan Kusmana dan Ardi Isadi yang berhasil menjuarai nomor Lightweight Men’s Double Sculls.

Keduanya tampil gemilang dalam lomba yang berlangsung di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Hai Pong, Vietnam. Mereka mengungguli  pasangan Filipina Cris Nievarez dan Christian del Rosario yang merebut perak. Sementara perunggu  disabet  tuan rumah Vietnam, Nhu Dinh Nam dan Bui Van Hoan.

Rowing juga menyumbang emas kedua bagi Indonesia lewat Sulfianto dan La Memo yang tampil di nomor Men’s Double Sculls. Medali perak direbut pasangan Thailand Chanin Penthongdee dan Prem Nampratueng. Sementara perunggu direbut wakil Kamboja Chov Somrach dan Phorn Sophean.

 

 

3 dari 4 halaman

Emas Pencak Silat

Selain dua medali emas, Indonesia juga merebut perak dari rowing nomor  women quadruple sculls (W4X). Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya keluar sebagai runner up setelah mengukir catatan waktu 7 menit 23,614 detik. Medali emas diraih oleh tim Vietnam.

Satu emas lainnya dipersembahkan cabang olahraga pencak silat.  Ririn Rinasih dan Riska Hermawan yang tampil di nomor seni ganda putri keluar sebagai pemenang usai mengumpulkan 9.925 poin. Mereka unggul atas wakil Vietnam, Thi Thu Ha Nguyen dan Thi Huyen Nguyen, yang merebut perak.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Peserta Defile Indonesia

1 Emilia Nova (Atletik) - pembawa bendera

2 Ferry Kono (CdM)

3 Halomoan Edwin Binsar (Atletik)

4 Adith Rico Pradana (Atletik)

5 Hasruni Rahim (Atletik)

6 Sunardi Muliawan (Jujitsu)

7 M. Nurul Fikri (Jujitsu)

8 Ananda Mauludi Ikhsan (Jujitsu)

9 Allison Claudio Braga (Jujitsu)

10 Flairene Candrea (Swimming)

11 Patricia Yosita Hapsari (Swimming)

12 Pande Made Iron (Swimming)

13 AA Istri Kania Ratih (Swimming)

14 Donny B Utomo (Swimming)

15 Van Ricjkar (Swimming)

16 Joe Aditya Kurniawan (Swimming)

17 Eko Sulistyanto (Swimming)

18 Angel Gabrilla Yus (Swimming)

19 Erick Ahmad Fathoni (Swimming)

20 Hendry Suryaatmadja Sutanto (Swimming)

21 Albert C. Sutanto (Swimming)

22 Calvin Winata (E-Sport)

23 Nizar Lugatio Pratama E-(E-Sport)

24 Evan Jordan E-(E-Sport)

25 Hengky Istianto Has (HQ)

26 Dadang Bayu Sarifudin (HQ)

27 Arlan Perkasa Lukman (HQ)

28 Tirfan Putera (HQ)

29 Zaenal Asikin (HQ)