Sukses

Masa Depan Erling Haaland Diumumkan Pekan Depan, Borussia Dortmund Pasrah

Liputan6.com, Jakarta Bomber muda asal Norwegia Erling Haaland diisukan bakal pindah dari Borussia Dortmund musim depan. Raksasa Liga Inggris Manchester City disebut-sebut sebagai klub yang paling berpotensi mendapatkan jasa Haaland.

Die Borussen nampaknya sudah pasrah menanggapi kelanjutan karier Haaland. Dilansir dari Metro, Petinggi Borussia Dortmund Sebastian Kehl menyebut keputusan soal masa depan sang pemain akan diungkap pekan depan. Kehl pun mengaku tidak terkejut jika Haaland memilih hengkang dari Signal Iduna Park pada musim panas.

“(Saya mengharapkan) kejelasan (soal masa depan Haaland) dalam pekan depan. Saya tidak akan terkejut jika pada akhirnya dia pindah,” ujar Kehl di SPORT1, seperti dilansir dari Metro.

Haaland berkembang menjadi mesin pencetak gol Bundesliga sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2020. Kepiawaiannya membobol gawang lawan membuat klub-klub besar menaruh minat pada pemain berusia 21 tahun tersebut.

Kontrak Haaland di Signal Iduna Park sejatinya masih berlaku hingga Juni 2024. Eks penggawa RB Salzburg ini juga memiliki klausul pelepasan senilai 64 juta poundsterling, atau setara dengan kurang lebih Rp1,1 triliun, yang mulai aktif pada musim panas ini.

Kendati demikian, Manchester City nampaknya rela merogoh kocek demi mendaratkan Haaland di Etihad. Klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola itu berada di posisi terdepan untuk mengamankan tanda tangan Haaland.

The Citizens memang tengah menantikan kehadiran striker kelas dunia dalam skuadnya. Manchester City sempat tertarik memboyong Harry Kane dari Tottenham Hotspur musim lalu. Akan tetapi, rencana tersebut gagal terealisasi. City pun kini mengalihkan pandangannya pada pemain andalan Borussia Dortmund.

Selain Manchester City, Real Madrid juga ini mulai dikaitkan dengan Haaland. Sang raksasa La Liga kabarnya berniat mendatangkan Erling Haaland, jika penggawa incarannya Kylian Mbappe memilih untuk bertahan di Paris Saint-Germain (PSG).

2 dari 3 halaman

Haaland di Borussia Dortmund

Haaland merupakan satu pemain muda paling gemilang di kancah sepak bola Eropa. Ia hengkang dari Red Bull Salzburg usai Borussia Dortmund mengungguli Manchester United dalam perburuan tanda tangan sang pemain.

Dilansir dari Metro, Haaland sukses membuktikan kualitasnya sebagai striker papan atas dalam dua setengah musim terakhir. Ia tercatat telah membukukan 85 gol dari total 88 pertandingan bersama klubnya musim ini.

Tak heran jika Manchester City sudi menyiapkan tawaran besar demi mengamankan jasa Haaland. Klub berjuluk The Citizens itu kabarnya bakal memberi kontrak senilai lebih dari 500.000 poundsterling per pekan kepada wonderkid asal Norwegia. Jika tak ada aral melintang, City juga kemungkinan akan menghadiahi kesepakatan lima musim untuk Haaland.

Kedatangan Erling Haaland tak pelak bakal menyebabkan perubahan radikal dalam skuad Manchester City. Pasalnya, The Citizens kerap bermain tanpa penyerang tengah yang diakui dalam sejumlah pertandingan musim ini.

Penggawa andalannya Sergio Aguero pindah ke Barcelona pada musim panas lalu, sebelum memutuskan untuk gantung sepatu akibat masalah jantung yang dialami. Adapun The Citizens kini hanya memiliki Gabriel Jesus yang berstatus sebagai striker senior.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Pep Guardiola

Kendati demikian, Bos Manchester City Pep Guardiola enggan memberi komentar soal potensi transfer Haaland ke Etihad. Juru taktik berkepala plontos itu mengaku lebih ingin memikirkan masa depan skuad ketimbang urusan bisnis klubnya.

“Saya tidak memiliki kekhawatiran soal bisnis atau masalah ini. Sekarang saya hanya memikirkan apa yang akan terjadi di klub musim depan,” ujar pelatih berusia 51 tahun tersebut, seperti dilansir dari Metro.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Itu (masih) musim depan, jadi saya tidak akan membahasnya. Anda tahu sejak bertahun-tahun lalu saya tidak pernah berbicara soal bursa transfer, terutama ketika kami masih bermain musim ini,” sambung Guardiola.

Sebagai informasi, Manchester City saat ini bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 86 poin. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan sukses mengungguli Liverpool, usai membantai Newcastle United dengan 5–0 dalam laga lanjutan Liga Premier yang dihelat di Etihad Stadium pada Minggu (8/5/2022).

The Citizens akan kembali melanjutkan kiprahnya dalam laga tunda pekan ke-33 kontra Wolverhampton Wanderers, yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (12/5/2022) dini hari WIB di Molineux Stadium.