Sukses

MotoGP: Ducati Tentukan Rekan Francesco Bagnaia Bulan Depan

Ducati memastikan bakal memilih siapa rekan Francesco Bagnaia di tim pabrikan pada bulan Juni. Jack Miller, Jorge Martin, dan Enea Bastianini bakal bersaing.

Liputan6.com, Bologna - Ducati memastikan bakal memilih siapa rekan Francesco Bagnaia di tim pabrikan pada bulan Juni. Jack Miller, Jorge Martin, dan Enea Bastianini bakal bersaing.

Miller menguasai kursi tersebut untuk musim ini. Namun, pembalap asal Australia itu tidak mencatat hasil spektakuler demi mempertahankan posisi. Dia pun terancam potensi Martin dan kinerja Bastianini.

Martin tampil spektakuler dan menunjukkan kecepatan luar biasa hingga akhirnya menjadi Rookie of the Year 2021. Sementara Bastianini sudah memenangkan dua seri pada MotoGP 2022.

“Ducati pasti bertaruh pada mereka di masa depan. Hanya ada satu tempat di tim pabrikan, tetapi tujuannya adalah untuk mempertahankan mereka berdua," kata Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti dilansir Sky Sports Italia.

Namun, Bastianini sedikit lebih unggul dalam masalah konsistensi. Jika dia sudah menempati podium tertinggi, Martin justru gagal finis pada empat seri musim ini. Pembalap asal Spanyol itu terlalu sering melakukan kesalahan sendiri, tepatnya di Mandalika, Portimao, dan Jerez.

"Ini adalah momen yang sulit dan tidak banyak yang bisa dikatakan. Sayangnya, inilah bagian balapan," keluh Martin.

Meski Martin dan Bastianini jadi favorit, Ducati juga tetap berencana mempertahankan Miller. Pabrikan berbasis Bologna tersebut tidak ingin kehilangan jasanya begitu saja.

"Kehadiran mereka adalah prioritas besar kami, terlepas siapa masuk tim mana," ungkap Team Manager Ducati Lenovo Davide Tardozzi.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Audisi di 3 Seri

Mengacu komentar Ciabatti, maka balapan MotoGP berikutnya di Le Mans, Mugello, dan Catalunya bakal jadi ajang audisi untuk pembalap yang terlibat.

Kalau sukses memenangkan salah satu dari tiga ajang tersebut, maka Bastianini seharusnya mendapatkan kursi. Meski begitu, tradisi membuat kans Martin tetap ada. Pasalnya, Ducati kerap mempromosikan pembalap asal Pramac Racing ke tim pabrikan.

Sementara kans Miller tetap menjadi rekan Bagnaia juga belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya dia mempertahankan kinerja musim lalu di tiga sirkuit tersebut.

Miller memenangkan balapan di Prancis dan menempati podium di Catalunya.

3 dari 3 halaman

Profil 3 Kandidat

Jack Miller

Asal: Australia

Usia: 27 Tahun

Balapan MotoGP: 123

Menang: 3

Podium: 16

 

Jorge Martin

Asal: Spanyol

Usia: 24 Tahun

Balapan MotoGP: 20

Menang: 1

Podium: 5

 

Enea Bastianini

Asal: Italia

Usia: 24 Tahun

Balapan MotoGP: 24

Menang: 2

Podium: 4

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.