Sukses

Profil Stadion Viet Tri: Lokasi Perhelatan Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni laga pembuka SEA Games 2021 kontra tuan rumah Vietnam pada Jumat (6/5/2022). Pertandingan tersebut bakal dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho. Simak profil Stadion Viet Tri yang menjadi lokasi perhelatan laga Indonesia vs Vietnam melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi ujian berat di laga pembuka SEA Games 2021. Skuad asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan bersua dengan tuan rumah Vietnam dalam pertandingan yang berlangsung pada Jumat (6/5/2022) malam WIB

Ini bukanlah kali pertama Indonesia menghadapi Timnas Vietnam dalam ajang olahraga multievent terbesar di Asia Tenggara itu. Sebelumnya, Skuad Garuda juga diketahui telah 13 kali bersua dengan The Golden Star di kompetisi yang sama.

Dari total pertemuan tersebut, hanya lima di antaranya yang dimenangkan oleh Pasukan Merah Putih. Enam pertandingan lain berpihak pada penggawa Vietnam. Sementara itu, dua sisanya berbuah hasil imbang.

Laga pembuka SEA Games edisi ini menjanjikan pertarungan sengit antara kedua tim. Pasalnya, baik Indonesia maupun Vietnam, sama-sama ditukangi oleh pelatih bertangan dingin asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dan Park Hang Seo.

Status Vietnam sebagai tuan rumah juga diyakini bakal menambah intensitas pertandingan Pasukan Garuda dan The Golden Star.

Sebagai informasi, laga Indonesia vs Vietnam malam ini akan dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho. Menurut situs phuto.gov.vn, stadion tersebut dibangun pada 2005 dengan anggaran senilai lebih dari 100 miliar Dong atau setara dengan Rp63 miliar.

Stadion Viet Tri diklaim memiliki kapasitas mencapai 18.000 orang, dengan fasilitas meliputi tempat latihan, toilet penonton, ruang ganti, serta ruang konferensi yang disesuaikan dengan standar kompetisi domestik, regional, dan internasional.

Sebelum menjadi salah satu lokasi perhelatan SEA Games 2021, Stadion Viet Tri lama tak menyelenggarakan turnamen-turnamen besar. Hal ini menyebabkan fasilitas di stadion tersebut memburuk.

Beruntung pada 2019, provinsi Phu Tho memfokuskan sumber dayanya untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas Stadion Viet Tri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasca Renovasi

Pasca renovasi, Stadion Viet Tri menggunakan jenis rumput yang sama dengan Stadion Hang Day dan My Dinh. Stadion ini juga kembali menggelar pertandingan bergengsi, yakni laga persahabatan antara Timnas Vietnam U-23 melawan Timnas Myanmar U-23 (2019), serta laga uji coba Timnas Vietnam U-23 kontra Korea Selatan U-20 (April 2022).

Pada 2020, Departemen Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Phu Tho memberikan laporan resmi mengenai keadaan dan fasilitas di lokasi olahraga tersebut. Hasilnya, Stadion Viet Tri resmi ditetapkan sebagai salah tuan rumah pertandingan SEA Games edisi 2021 di Vietnam.

Sejumlah perbaikan yang dilakukan di Stadion Viet Tri diyakini bakal memberi pengalaman menonton yang lebih baik jelang SEA Games 2021. Pasalnya, laporan Bongdaplus menyebut pengelola stadion telah membuat perubahan komprehensif di bagian tempat duduk penonton.

“Sistem tempat duduk di Stadion Viet Tri telah diubah secara komprehensif. Sebelumnya, lapangan tersebut memiliki deretan kursi plastik. Namun seiring berjalannya waktu, kami menilai jenis kursi ini rapuh dan mudah pecah. Itu sebabnya kami membuat bangku panjang dan rendah dengan penyangga lantai kayu,” ujar manajemen Stadion Viet Tri pada April lalu.

3 dari 3 halaman

Indonesia vs Vietnam

Terlepas dari masalah stadion, juru taktik Timnas Vietnam Park Hang-seo menyebut anak-anak asuhnya berada dalam situasi tertekan jelang laga perdana SEA Games 2021 kontra Timnas Indonesia U-23.

Pasalnya, The Golden Star tak hanya menyandang status sebagai tuan rumah, tetapi juga juara bertahan cabor sepak bola di ajang olahraga multievent tersebut. Tak heran jika tuntutan mempertahankan gelar juara menjadi faktor yang memengaruhi psikologis skuad Vietnam sebelum menghadapi pertandingan.

“SEA Games tahun ini diadakan di Vietnam dan kami adalah juara bertahan. Saya tahu bahwa masyarakat Vietnam berharap banyak dari kami,” ujar Park Hang-seo pada Kamis (5/5/2022) lalu seperti dilansir dari Soha.vn, Jumat (6/5/2022).

“Saya pikir para pemain berada di bawah tekanan (karena hal itu). Akan tetapi, kami akan mencoba (memberikan) yang terbaik dan membawa kebahagiaan bagi banyak orang,” sambung juru taktik berusia 64 tahun tersebut.

Meski demikian, media Vietnam TheThao247 meyakini Timnas Indonesia U-23 bukan lawan yang terlalu sulit untuk dikalahkan oleh skuad besutan Park Hang-seo. Apalagi, Vietnam telah dua kali menekuk Indonesia di SEA Games 2019, hingga berhasil keluar sebagai kampiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.