Sukses

Jadwal Timnas U-23 vs Vietnam di SEA Games 2021: Ujian Berat Garuda Muda

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 mengawali petualangan di SEA Games 2021 Hanoi. Anak asuh Shin Tae-yong langsung mendapat lawan kuat yakni tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam.

Laga nanti merupakan ulangan final SEA Games 2019 Filipina. Kala itu Timnas U-23 menyerah 0-3.

Hasil tersebut memperpanjang paceklik emas Indonesia dari cabang olahraga sepak bola sejak terakhir kali berjaya pada 1991. Sementara Vietnam mengantongi gelar kedua.

Selain Vietnam, Timnas U-23 Indonesia juga bersaing melawan Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di Grup A. Sebanyak dua tim terbaik lolos ke semifinal. Melihat komposisi persaingan, Vietnam dan Indonesia bakal bersaing menjadi juara grup.

Untuk memburu emas, Shin Tae-yong memboyong 20 nama ke Vietnam. Hadir sejumlah pemain berbasis luar negeri yakni Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Terdapat sejumlah pemain debutan yaitu Ilham Rio Fahmi, Ronaldo Joybera, Marselino Ferdinan, dan Muhamad Ridwan.

"PSSI berharap timnas U-23 dapat meraih juara SEA Games 2021. Dengan materi ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia. Setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua pekan, mereka semakin solid, kompak dan kuat," sambungnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Latihan di Vietnam

Timnas U-23 menggelar latihan perdana di Vietnam, Rabu (4/5/2022). Sebanyak 18 pemain semangat dan antusias mendengar instruksi Shin Tae-yong. Sementara dua nama yakni Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam belum bergabung dengan skuad Garuda Muda.

"Hari ini kami memulai latihan di lapangan karena semalam hanya latihan pemulihan kondisi setelah tiba di sini. Kami latihan eksekusi atau skema bola mati, serta terus mematangkan taktik dan strategi," kata Shin Tae-yong dilansir situs resmi federasi.

"Kondisi pemain hingga saat ini sangat baik dan siap melakoni laga perdana melawan Vietnam. Meski begitu, lapangan yang kami pakai untuk latihan hari ini rumputnya tidak bagus dan tidak cocok untuk sepak bola modern saat ini," tambahnya.

Gelandang Saddil Ramdani menikmati latihan tersebut. Dia merasa dalam kondisi baik dan enjoy.

"Tadi kami diberikan latihan bagaimana strategi saat set piece. Kami siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 ini.

"Namun saat latihan, lapangan yang kami saya rasa tidak bagus. Banyak lubang dan berpasir. Namun ini bukan menjadi alasan kami, melawan Vietnam di laga perdana tentu menjadi laga yang penting dan kami berjuang keras demi meraih kemenangan," kata Saddil.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

2. Egy Maulana, FK Senica

3. Witan Sulaeman, FK Senica

4. Elkan Baggott, Ipswich Town

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Ronaldo Joybera, Madura United

7. Muhammad Adi, Persik

8. Ernando Ari, Persebaya

9. Rizky Ridho, Persebaya

10. Rachmat Irianto, Persib

11. Marselino Ferdinan, Persebaya

12. Ricky Kambuaya, Persib

13. Marc Klok, Persib

14. Syahrian Abimanyu, Persija

15. Ilham Rio, Persija

16. Irfan Jauhari, Persis

17. Muhamad Ridwan, Persik

18. Firza Andika, Persija

19. Alfeandra Dewangga, PSIS

20. Saddil Ramdani, Sabah FC

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 6 Mei 2022

19.00 WIB: Vietnam vs Indonesia

 

Senin, 10 Mei 2022

19.00 WIB: Indonesia vs Timor Leste

 

Jumat, 13 Mei 2022

16.00 WIB: Filipina vs Indonesia

 

Minggu, 15 Mei 2022

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar