Sukses

Tingkatkan Kualitas Atlet Indonesia, KONI Libatkan Psikologi Olahraga

Liputan6.com, Jakarta- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat terus mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan atlet Indonesia. Terobosan baru dibuat KONI dengan akan melibatkan psikologi olahraga.

Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pada Rabu (27/4/2022) baru saja menandatangani Nota Kesepahaman dengan sebuah perusahaan kesehatan, PT Caretaker Solusi Utama dan satu organisasi, Ikatan Psikologi Olahraga (IPO).

“Saya mengapresiasi atensi Caretaker dan IPO terhadap peningkatan kualitas olahraga prestasi, khususnya dalam hal kesehatan. Semoga kerja sama ini dapat bermanfaat bagi atlet-atlet Indonesia mendapatkan kondisi prima sehingga mereka mampu meraih prestasinya. Saya harap kita dapat menghasilkan atlet juara, yang pastinya memiliki fisik dan mental prima,” terang Marciano Norman di situs resmi KONI.

Penandatanganan pertama adalah kerja sama KONI Pusat dengan Caretaker yang merupakan perusahaan penyedia jasa layanan kesehatan. Caretaker menyalurkan jasa perawat ke lokasi pasien sebagai bisnis utama. Namun, kini Caretaker berinovasi dalam rangka melengkapi pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, khususnya atlet.

Hal ini akan bermanfaat bagi para Patriot Olahraga Prestasi yang semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Caretaker sendiri sudah menawarkan jasa perawat gratis untuk mendukung beberapa Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga yang akan mengikuti SEA Games 2021.

“Hari ini adalah hari yang penting bagi kami, karena mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan wadah organisasi olahraga prestasi di Indonesia, yakni KONI Pusat,” ujar Direktur Utama Caretaker Fathoni Asyrof bangga sambil berterima kasih kepada Ketum KONI Pusat beserta jajaran.

 

 

2 dari 3 halaman

Momen Penting

IPO juga akui kerja sama dengan KONI sebagai momen penting. “MoU dengan KONI ini menjadi momen penting bagi IPO untuk bersinergi membantu pembinaan mental atlet agar dapat berprestasi secara maksimal,” ujar Ketum IPO Dr. Lilik Sudarwati.

Adanya kerja sama dengan KONI mendorong Caretaker berinovasi lebih cepat. “Kami tengah mempersiapkan layanan virtual seperti jasa dokter, jasa fisioterapis, psikolog dan lain sebagainya,” sambungnya.

Caretaker sendiri terbuka dengan berbagai potensi kolaborasi untuk menyediakan jasa, terutama pada mitra KONI Pusat. Salah satu bukti konkret keterbukaan Caretaker adalah kerja sama dengan salah satu Mitra KONI, yaitu Sportbloc (PT Metada Integra Nusantara).

3 dari 3 halaman

Pembinaan Mental Atlet

Bahkan pada hari dan rangkaian kegiatan yang sama, Caretaker juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Sportbloc dengan disaksikan langsung oleh Ketum KONI Pusat. Semangat sinergi antar mitra KONI Pusat dipegang erat oleh keduanya. Tujuan kerja sama keduanya adalah untuk menyediakan layanan Caretaker pada program industri olahraga yang dijalankan Sportbloc, baik secara virtual maupun faktual.

Di sisi lain, IPO juga akui momen ini penting. “MoU dengan KONI ini menjadi momen penting bagi IPO untuk bersinergi membantu pembinaan mental atlet agar dapat berprestasi secara maksimal,” ujar Ketum IPO Dr. Lilik Sudarwati.