Sukses

Timnas Indonesia Segrup dengan Vietnam di SEA Games 2022, Catatan Redaksi Liputan6.com: Rivalitas Baru

Reporter kanal bola Liputan6.com, Luthie Febrianto menjelaskan hasil undian Indonesia yang kembali mengulang sejarah dan berada satu grup dengan Vietnam di grup A.

Liputan6.com, Jakarta Tim Sepak Bola Indonesia akan menjadi salah satu cabang olahraga yang ditandingkan di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam. Indonesia tergabung di grup A bersama dengan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 

Rivalitas baru antara Indonesia vs Vietnam menjadi salah satu pembahasan hangat di acara Liputan6.com Update, Jumat (8/4/2022). Acara yang ditayangkan melalui live Instagram itu menghadirkan reporter kanal Bola, Luthie Febrianto sebagai pembicara. 

Ketika melihat undian grup A, Pelatih Vietnam, Park Hang-seo pun langung tepok jidat. Luthie menjelaskan mungkin Park Hang-seo kaget akan bertemu tim sepak bola Indonesia yang permainannya sudah berbeda. 

“Kaget juga Park-Hang-seo akan bertemu Indonesia yang permainannya sudah berubah di bawah kepemimpinan Shin Tae-Yong. Biasanya mudah untuk melawan Indonesia, namun di Piala AFF kemarin berakhir imbang,” ucap Luthie, Jumat (8/4/2022). 

Luthie juga melihat kedua negara ini merupakan rivalitas baru yang lumayan sering bertemu dan puncaknya di SEA Games 2019. Saat itu, Indonesia harus menelan kekalahan atas Vietnam dengan 0-3. “Ada unsur balas dendam dari Indonesia,” katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vietnam Satu Level di Atas Kita

Luthfie juga menambahkan bahwa Vietnam memang berada satu level di atas kita mengingat kejadian Piala AFF yang didominasi oleh Vietnam. Namun, Luthie juga mengagumi pelatih Timnas Indonesia atas perkembangannya. 

“Saya harus acungkan jempol ke Shin Tae-yong. Perkembangan Timnas Indonesia sangat signifikan di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong,” jelas Luthie. 

Sementara itu, Luthie juga menjelaskan bahwa saat ini Timans Indonesia yang sedang melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan sudah berada dalam posisi 50:50 dari segi permainan. 

Menurutnya, Shin Tae-yong juga tidak akan melakukan perubahan pemain yang signifikan. Apalagi jika melihat kualitas pemain Indonesia yang sudah ada yang dipanggil ke beberapa negara. 

Nantinya, Indonesia juga akan memanggil pemain naturalisasi di SEA Games yang diharapkan dapat membantu memperkuat Timnas Indonesia meraih emas.

3 dari 3 halaman

Sistem Regenerasi yang Bagus

Luthie juga menambahkan bahwa Shin Tae-yong merupakan pelatih yang ingin menumbuhkan sistem regenerasi yang bagus di Indonesia, sehingga kemungkinan Shin Tae-yong akan memilih pemain-pemain muda untuk diturunkan di SEA Games 2022. 

“Nama-nama di Piala AFF seperti Asnawi dan Rahmat Irianto mungkin akan diturunkan oleh Shin Tae-yong,” pungkas Luthie. 

Jika diliat dari standar SEA Games, reporter kanal bola Liputan6.com tersebut menjelaskan bahwa ketika Indonesia dihadapkan dengan tim-tim seperti Vietnam dan Thailand, Indonesia masih stagnan. 

Pada kesempatan yang sama, Luthie juga menyampaikan target dari Menpora yang tidak terlalu menekannya pada medali, namun lebih melihat apakah atlet tersebut cukup bagus jika diturunkan di Olimpiade. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.