Sukses

MotoGP Mandalika: Alex Rins Jelaskan Kronologi Kebakaran di Motor Suzuki

Alex Rins mengaku sempat panik karena melihat motornya terbakar di tikungan ke-13 MotoGP Mandalika, bagaimana kejadiannya?

Liputan6.com, Lombok- Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins kaget bukan kepalang saat motor yang dipakainya mengalami kebakaran di tikungan 10. Ini terjadi saat dia mengikuti latihan bebas keempat atau FP4 MotoGP Mandalika di sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3/2022) pagi.

Menurut Rins, dia awalnya tak mengetahui ada masalah dengan mesin di motornya. Dia pun terus melaju sampai akhirnya merasakan ban belakang kehilangan grip dan api menjalar.

Dia langsung memelankan laju motor dan meninggalkan motor di tikungan ke-13. Karena kejadian ini, bendera merah atau red flag harus dikibarkan.

"Ada masalah dengan pipa dimana bensin mengalir. Di tikungan 10, saya merasakan slide kecil. Saya lihat ke sepatu dan ban masih normal sehingga terus melaju," ujarnya seperti dikutip crash.

"Lalu di tikungan berikutnya, motor bergeser lagi. Saya memilih melebar untuk keselamatan saya dan pembalap lain."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menakutkan

Beberapa detik berikutnya, dia melihat api mulai menjalar. Dia pun kaget sekali saat itu.

"Saat saya melihat motor terbakar, ini momen mengerikan karena di otak saya langsung bilang: lompat saa. Mungkin karena takut motor meledak," katanya.

"Ini bukan momen bagus, tapi saya baik-baik saja."

 

3 dari 4 halaman

Efek Lain

 

Karena ada bensin yang jatuh ke trek, ini membuat Johann Zarco terjatuh. Namun dia tak apa-apa dan kembali ke trek setelah balapan kembali dimulai.

Alex Rins bakal start di posisi ke-8 akhir pekan ini. Dia menilai balapan bakal sangat sulit.

"Balapan bakal sulit. Karena kondisi, panas, dan pengaturan ban. Ini bakal sulit," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.