Sukses

20 Pembalap MotoGP yang Diundang Jokowi ke Istana dan Ikut Parade di Jakarta

Para pembalap MotoGP usai sarapan bersama Jokowi, kemudian akan berparade mengitari jalan utama Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi rencananya akan beraudensi dengan para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu pagi (16/3/2022) di Istana Negara, Jakarta

Selanjutnya, Jokowi mengajak para pembalap sarapan pagi bersama. Menurut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, mereka akan disuguhi penganan tradisional, mulai dari kue-kue kecil, wedang jahe, teh, kue, dan rebus-rebusan.

Diperoleh informasi pembalap yang akan hadir pada acara itu, di antaranya Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi bakal menyambut kedatangan Marc Marquez dan kawan-kawan.

“Pak Jokowi berkenan menerima rombongan pembalap MotoGP di Jakarta,” terang Erick Thohir

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parade

Usai audensi dan sarapan bersama, para pembalap akan melakuka parade yang akan dimulai dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Menurut Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda, mereka akan berparade mengitari Ibu Kota. Jalur parade dimulai dari Istana hingga Hotel Kempinski kawasan Bundaran Patung Selamat Datang.

"Jadi dari 20 pembalap ini akan memulai rangkaiannya, paradenya itu dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempinski," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Daftar 20 Pembalap yang Diundang Jokowi

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

Siapa yang tidak kenal dengan juara dunia MotoGP satu ini. Di usia muda, pembalap berpaspor Spanyol ini sudah menggebrak dengan menjadi juara dunia di musim debutnya di ajang GP 125. Di kelas Moto2, dia juga mengkoleksi 1 juara dunia.

Baru pada 2013, pembalap yang tergabung sebagai Red Bull Athletes itu menjadi juara dunia MotoGP dengan mengemas 328 poin. Hingga 2022, pembalap berjuluk The Baby Alien itu menjadi salah satu pembalap tersukses dengan raihan 6 gelar juara dunia MotoGP dengan 59 kemenangan dan 99 podium.

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia menjadi kandidat terkuat juara dunia MotoGP 2022. Meski gagal mendulang poin pada seri perdana di Qatar, Bagnaia tetap tak bisa dianggap remeh karena berstatus runner up musim lalu.

3. Johann Zarco (Pramac Racing)

Johann Zarco yang kini membela Pramac Racing itu merupakan pembalap top jebolan Red Bull Rookies Cup. Bahkan saat pada ajang balap yang digelar oleh produsen minuman berenergi nomor 1 dunia asal Austria itu pertama digelar pada 2007, Zarco keluar sebagai juara. 

Pembalap asal Prancis itu saat ini berada dalam daftar elit rider MotoGP bersama Marquez dan Maverick Vinales.

4. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

Mengikuti jejak sang kakak, Alex Marquez juga menimba ilmu di akademi kelas dunia minuman berenergi dengan ciri khas warna biru dan silver.

Sejak di kelas junior, Alex sempat menuai prestasi, hingga akhirnya bisa naik kelas ke MotoGP. Baginya, Sebagai juara dunia di Moto3 dan Moto2, Alex Márquez dari Spanyol hanya memiliki satu tujuan lagi untuk dicapai, memenangkan gelar MotoGP.

5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, juga akan berparade di Jakarta. Mir merupakan juara dunia MotoGP 2020 sekaligus melepas dahaga gelar Suzuki. Sama seperti Johann Zarco, Joan Mir juga jebolan ajang Red Bull Rookie Cup. Dia sukses menjadi runner up dari balapan yang diselenggarakan produsen minuman energi yang identik dengan warna biru silver itu pada 2014.

6. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)

Gabriel Rodrigo merupakan pembalap kelahiran Spanyol. Dia baru di musim 2022 ini membela Pertamina Mandalika SAG Team.

Musim lalu, Rodrigo masih bertarung di kelas Moto3. Menariknya musim sebelumnya Rodrigo juga memperkuat tim Indonesia di Moto3 yakni Indonesian Racing Team Gresini Moto3.

7. Enea Bastianini (Gresini Racing)

Enea Bastianini membuat kejutan pada MotoGP Qatar 2022. Rider Gresini Racing itu berhasil naik ke podium pertama pada seri pembuka musim ini.

Debutnya di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada tahun 2013 sangat luar biasa, memenangkan dua balapan dan menempatkan dirinya sebagai prospek serius untuk kemajuan pesat ke kejuaraan dunia.

8. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP)

Setelah lama tak berkunjung, Andrea Dovizioso bisa kembali ke Jakarta. Kali ini dengan warna berbeda yakni Dovizioso membela With U Yamaha RNF Team.

9. Pol Espargaro (Repsol Honda)

Rekan setim Marquez di Repsol Honda juga akan berparade di Jakarta. Sebelum hijrah ke tim pabrikan Jepang, Pol sempat membela Red Bull KTM Racing.

Lama berkarir di tim Red Bull KTM, pembalap kelahiran Spanyol ini berharap akan menorehkan poin maksimal di musim 2022 bersama Honda. Terbukti Ia berhasil meraih pole position di sirkuit Silverstone dan berhasil naik podium di sirkuit Misano.

10. Jack Miller (Ducati Lenovo)

Jack Miller merupakan pembalap yang dipercaya sebagai kandidat kuat peraih gelar juara dunia MotoGP 2022. Sejak masih membela Pramac Ducati, rider asal Australia itu sudah tampil trengginas.

Pembalap Australia ini membuat awal yang mengesankan untuk season 2021, mengamankan kemenangan berturut-turut di Jerez, Spanyol, dan Le Mans, Prancis, sebelum lebih banyak podium membuatnya finis di tempat keempat secara keseluruhan.

Saat ini, Miller tengah berambisi merebut gelar juara dunia MotoGP bersama Ducati.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

11. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

Fabio menjadi pembalap rookie kedua yang akan meramaikan musim 2022. Pembalap yang juga pernah berkarir di Moto2 ini akan bersaing bersama Enea Bastianini di bawah bendera Gresini Racing.

Tercatat selama berkarier di kelas Moto2 sejak musim 2019 hingga 2021, Fabio berhasil mengoleksi satu kali kemenangan dan 8 podium. Lalu saat menjalani musim terakhirnya, Fabio menempati posisi ketujuh di klasemen akhir.

12. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)

Darryn Binder menjadi debutan pada MotoGP 2022. Bersama tim Yamaha WithU Darryn naik ke kelas tertinggi dan untuk pertama kalinya akan menyapa para penggemarnya di Jakarta.

13. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

Kental dengan aroma Honda, Takaaki Nakagami juga dibentuk di Red Bull Talent Cup saat masih junior. Ia kini menjadi rider asal Asia satu-satunya yang berada di kelas MotoGP.

14. Jorge Martin (Pramac Racing)

Jorge Martin merupakan pembalap yang secara niat dibajak Ducati dari KTM. Terbukti, Martin mampu menggebrak di MotoGP 2021 dengan merebut beberapa podium

15. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)

Bo Bendsneyder merupakan pembalap muda asal Belanda. Pemuda 23 tahun itu saat ini menjadi salah satu pembalap andalan Pertamina Mandalika SAG Team yang turun di Moto2.

Kebersamaan Pertamina Mandalika SAG Team dengan Bo sudah terjalin sejak musim lalu. Ketika itu Bo total mengoleksi 46 poin.

16. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

Joan Mir tak akan berparade sendirian di Jakarta. Rekan setimnya, Alex Rins juga akan ambil bagian. Rider asal Spanyol itu juga berambisi merebut gelar juara dunia seperti Mir pada musim ini.

17. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

VR46 tak hanya mengirim Marini sebagai perwakilan. Marco Bezzechi yang merupakan rider debutan juga akan berparade di Jakarta bersama Marini.

18. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

Valentino Rossi boleh saja sudah pensiun dari MotoGP. Namun, perwakilannya tetap ada di lintasan lewat tim VR46. Tim tersebut juga diperkuat adik Rossi yakni Luca Marini.

19. Mario Aji (Honda Asia Team)

 Mario Suryo Aji adalah pembalap kebanggaan Indonesia. Dia turun di Moto3 bersama Asia Honda Team. Aji baru berusia 18 tahun dan berasal dari Magetan.

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

Veda Ega Pratama juga merupakan pembalap berbakat Indonesia. Saat ini Veda masih berkompetisi di Asia Talent Cup. Pemuda Gunungkidul itu bermimpi bisa menembus MotoGP suatu hari nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.