Sukses

Pakai Sistem Gelembung Terpusat, IBL 2022 Kembali Bergulir 3 Maret

Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Tokopedia 2022 akan menuntaskan sisa musim reguler di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta pada 3–31 Maret. Kompetisi saat ini tengah terhenti sementara karena Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Tokopedia 2022 akan menuntaskan sisa musim reguler di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta pada 3–31 Maret. Kompetisi saat ini tengah terhenti sementara karena Covid-19.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah menjelaskan, sisa kompetisi fase reguler IBL 2022 bakal menggunakan sistem gelembung terpusat di Jakarta. Keputusan tersebut diambil karena lonjakan kasus Covid-19 secara nasional yang dinilai terlalu sulit untuk menggulirkan liga dengan sistem seri keliling kota ke kota.

“Setelah beberapa pertimbangan untuk memulai kompetisi dengan mengubah format menjadi kembali sistem bubble terpusat, Jakarta menjadi pilihan ideal untuk kondisi saat ini," ujar Junas pada situs resmi kompetisi.

Ada beberapa pertimbangan operator memilih Jakarta sebagai lokasi penyelenggaraan kompetisi. Kapasitas hotel memadai, fasilitas penunjang, baik di sekitar kawasan dan medis seperti rumah sakit, lokasi laboratorium tes, serta faktor sistem operasional penyelenggaraan yang sudah pernah dijalankan pada seri pertama, akan memudahkan manajemen untuk melakukan penyesuaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masuk Gelembung 1 Maret

Semua personel yang terlibat di IBL 2022 direncanakan akan menginap terpusat di Hotel Century Park Senayan, Jakarta. Lapangan latihan juga berada di kawasan yang sama di GBK Arena Senayan Jakarta.

“Tim peserta IBL akan memasuki gelembung pada 1 Maret dengan mengantongi clearance bebas Covid-19. Sebelum memasuki gelembung mereka harus melewati prosedur protokol kesehatan dan kami akan meminta pengawasan lebih diperketat oleh masing-masing Sub Satuan Tugas Covid-19 di masing-masing tim," tuturnya.

Semua personel diharapkan sudah mulai melakukan karantina mandiri dan melakukan tes swab PCR pertama pada 22 Februari. Tes swab PCR kedua dan ketiga masing-masing akan dilaksanakan pada 27 Februari dan sebelum memasuki gelembung hotel.

3 dari 4 halaman

Wasit Juga Terpapar

IBL menunda seluruh sisa laga Seri II karena banyaknya pemain yang terpapar Covid-19. Awalnya kasus Covid-19 hanya ditemukan di tim Satria Muda Pertamina Jakarta dan Indonesia Patriots. Namun kemudian kasus Covid-19 mulai ditemukan di tim-tim lain.

Kasus Covid-19 tak cuma menimpa pemain, wasit yang memimpin IBL 2022 juga banyak yang positif. Total sudah ada enam wasit yang terpapar Covid-19.

"Meskipun terdapat kasus positif, personil yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personil yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," tegas Junas.

 

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.