Sukses

Final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022: Tim Putra Indonesia Harus Hati-Hati pada 3 Pemain Malaysia Ini!

Ini tiga pemain Malaysia yang patut diwaspadai tim putra Indonesia jelang final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Indonesia sukses mengamankan tempat di babak final usai menuntaskan perlawanan Singapura di fase empat besar Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022.

Berlaga di Setia City Convention Centre, Selangor, Skuad Garuda merebut tiga poin penting yang disumbangkan oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Christian Adinata.

Raihan tersebut menjaga asa Indonesia untuk mempertahankan gelar di Badminton Asia Team Championships (BATC). Pasalnya, Pasukan Merah Putih hingga kini masih menyandang predikat sebagai juara bertahan.

Skuad putra tercatat telah tiga kali mengangkat trofi Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia, yakni pada 2016, 2018, dan 2020. Final turnamen edisi ini seolah menjadi ulangan partai puncak Badminton Asia Team Championships 2020.

Kala itu, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan harus menghadapi wakil Malaysia di final. Bermain dengan talenta-talenta terbaik, pasukan Merah Putih mengemas kemenangan 3–1 dan membawa pulang trofi ke Tanah Air.

Indonesia kini punya peluang untuk menduplikasi kesuksesan dalam turnamen edisi sebelumnya. Akan tetapi, tim yang dipimpin oleh Chico Aura Dwi Wardoyo ini harus rela bekerja keras saat berjumpa dengan wakil dari Negeri Jiran.

Selain punya keuntungan sebagai tuan rumah, skuad bulu tangkis Malaysia di BATC 2022 juga diketahui terdiri atas sejumlah pemain top. Kondisi ini berbeda dengan Indonesia yang bermaterikan pemain muda.

Simak nama-nama pebulu tangkis Malaysia yang perlu diwaspadai oleh tim bulu tangkis Indonesia di final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lee Zii Jia

Lee Zii Jia merupakan tunggal putra terbaik yang dimiliki Malaysia saat ini. Nama pebulu tangkis 23 tahun itu makin dikenal usai dirinya meraih gelar juara All England 2021.

Berhadapan dengan Indonesia, Lee Zii Jia kerap menjadi pemain yang merepotkan Skuad Garuda. Ia sempat menumbangkan perlawanan pemain andalan Tanah Air, Anthony Sinisuka Ginting, di perempat final Sudirman Cup 2021.

Tunggal putra peringkat tujuh dunia ini juga sukses meraih tiga kemenangan dari total tiga laga yang dilakoni sejak babak penyisihan hingga semifinal Badminton Asia Team Championships 2022. Tak heran jika Lee Zii Jia layak dinobatkan sebagai pemain yang patut diwaspadai Indonesia di babak final.

3 dari 6 halaman

2. Aaron Chia / Soh Wooi Yik

Selain Lee Zii Jia, ganda putra Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik juga berpotensi mengancam kans Indonesia untuk mempertahankan gelar juara di Badminton Asia Team Championships edisi ini.

Pasangan yang bertengger di peringkat tujuh BWF ini memang memiliki jam terbang lebih tinggi ketimbang wakil-wakil Indonesia. Aaron/Soh diketahui telah mengoleksi medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Duo asal Negeri Jiran ini juga sempat menaklukan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dalam laga perempat final Sudirman Cup 2021 yang berlangsung pada Oktober silam.

Meski sempat kalah saat menghadapi Jepang di fase penyisihan grup, performa gemilang Aaron Chia dan Soh Wooi Yik di semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 20222 menjadi hal yang layak diperhitungkan jelang partai puncak.

4 dari 6 halaman

3. Goh Sze Fei / Nur Izzuddin

Malaysia memiliki skuad ganda putra yang cukup menjanjikan di turnamen kali ini. Selain menurunkan duo andalan Aaron Chia dan Soh Wooi Yik, Negeri Jiran juga kemungkinan bakal menaruh harapan pada Goh Sze Fei dan Nur Izzuddin.

Pasangan yang bertengger di peringkat 17 dunia ini tercatat telah menunjukkan performa konsinsten sepanjang pelaksanaan Badminton Asia Team Championships 2022. Dari total tiga pertandingan yang dilakoni sejak babak penyisihan, Goh Sze Fei/Nur Izuddin menorehkan catatan tiga kemenangan dan tanpa kekalahan.

Pasangan ini juga sejatinya dijadwalkan bertanding di partai keempat semifinal kontra Korea, tetapi batal turun lantaran skuadnya berhasil menuntaskan perlawan lewat tiga nomor pertama.

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Infografis 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.