Sukses

Rakernas Pordasi Pilih Jatim Jadi Tuan Rumah Kejurnas Pacuan Kuda 2022

Jatim terpilih menjadi tuan rumah Kejurnas Pacuan Kuda dalam Rakernas Hybrid Pordasi yang berlangsung di Palembang.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada tanggal 19-20 Februari 2022. Karena masih pandemi Covid-19, Rakernas ini diadakan secara hybrid dimana tak semua peserta hadir langsung, sebagian mengikuti secara virtual.

Ketua Panitia Rakernas Adinda Yuanita mengungkapkan pada hari pertama Rakernas ada 9 sidang. Hasil dari 9 sidang ini akan disahkan besok, sebelum penutupan.

Pada pembukaan, Ketua Umum (Ketum) PP Pordasi Triwatty Marciano menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru yang telah menjadi tuan rumah serta mendukung pelaksanaan Rakernas kali ini.

“Kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan yang telah menyiapkan semuanya, kami mengucapkan terima kasih,” sebut Triwatty Marciano dalam keterangan tertulis (19/2/2022). Gubernur Sumsel sendiri juga Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi Sumsel.

Dalam sambutannya, Triwatty mengajak keluarga besar Pordasi melakukan terobosan dalam melaksanakan program kerja. “Kita semua harus membuat berbagai terbosan dalam menjalankan program kerja,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terobosan

Terobosan menjadi penting jika dikaitkan dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum usai. Pandemi Covid-19 sendiri kerap menjadi halangan kepada beberapa kegiatan yang direncanakan PP.Pordasi.

Meski begitu, Triwatty mengapresiasi upaya pelaku olahraga berkuda di Tanah Air yang tetap berusaha melakukan pembinaan olahraga. “Pandemi Covid-19 tidak pernah menyurutkan kita semua melakukan pembinaan olahraga berkuda di daerah masing-masing,” tambahnya berharap terobosan pembinaan yang lebih banyak serta berkualitas.

Berita baik disampaikan oleh Ketum PP.Pordasi terkait keikutsertaan olahraga berkuda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang. “Olahraga Berkuda akan kembali dipertandingkan dalam gelaran PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, hal ini menjadi motivasi berbagai daerah untuk menyiapkan kontingennya masing- masing,” sebut Triwatty mengarahkan seluruh Pordasi provinsi mulai mempersiapkan atlet.

Adapun yang akan dipertandingkan adalah Equestrian di Sumatera Utara dan Pacu di Aceh. Namun, Triwatty menegaskan juga sedang mengusahakan agar Horsback Archery (HBA) dan Polo dipertandingkan dalam eksibisi PON XXI.

3 dari 4 halaman

Jatim

Salah satu agenda terpenting dalam Rakernas kali ini adalah pemilihan tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Tahun 2022. Jawa Timur yang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah.

Jatim dipilih oleh 11 provinsi peserta Rakernas Pordasi Tahun 2022 dalam sidang keempat yang membahas tentang Komisi Pacu.

Dalam kesepakatan pada Rakernas tersebut, tidak hanya menentukan tuan rumah Kejurnas Tahun 2022, namun juga Tahun 2023. Satu- satunya kompetitor Jatim dalam pemilihan, yakni Sumatera Barat (Sumbar) ditetapkan sebagai tuan rumah Kejurnas tahun depan. Kedua provinsi tersebut siap menjadi tuan rumah, baik dari sarana dan prasarana dan panitia penyelenggara.

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP.) Pordasi Triwatty Marciano mengajak seluruh komunitas olahraga berkuda, khususnya Pacu untuk bahu membahu menyukseskan Kejurnas kali ini. “Semua komunitas berkuda berusaha Kejurnas kali ini harus kita lakukan,” ajaknya.

4 dari 4 halaman

Tanpa Penonton

Triwatty menegaskan Kejurnas akan tetap dilakukan dengan tanpa penonton bila kondisi Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk kompetisi dengan penonton. Nantinya yang boleh ada di lokasi hanya joki, kuda, pelatih, pemilik kuda dan ofisial. Langkah tersebut menjadi keharusan, demi tetap menyelenggarakan Kejurnas di masa Pandemi Covid-19.

Lokasi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda Tahun 2022 di Jawa Timur mendatang adalah Lapangan Pacuan Kuda Coban Joyo, Pasuruan, Jawa Timur. Rencananya, Piala Tiga Mahkota atau Triple Crown pada akhir Maret 2022 juga akan diselenggarakan di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.