Sukses

Live Report Uji Coba Timnas Indonesia vs Timor Leste: Eksperimen Shin Tae-yong

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba internasional melawan Timor Leste pada Kamis (27/1/2022) malam WIB. Laga ini jadi ajang pelatih Shin Tae-yong melakukan eksperimen. Beberapa pemain baru akan dicoba.

Duel timnas Indonesia melawan Timor Leste akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) mulai pukul 19.00 WIB.

Untuk link live streaming Indonesia vs Timor Leste, klik di sini...

Shin Tae-yong menyebut striker sebagai kelemahan utama Skuat Garuda usai mengikuti Piala AFF 2020. Ezra Walian, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Kushedya Hari Yudo gagal memenuhi ekspektasi.

Untuk duel kontra Timor Leste, Shin Tae-yong masih merekrut Dedik dan Hanis. Namun, dia juga memboyong striker Arema FC Muhammad Rafli. Besar kemungkinan Shin Tae-yong bakal menjajalnya sejak menit pertama. Ada juga pemain muda Ronaldo Kwateh.

Secara head-to-head, Indonesia selalu menang dalam empat pertemuan kontra tim berjuluk The Rising Sun itu. Skuad Garuda sukses mencetak 14 gol dan hanya sekali kebobolan dalam empat laga tersebut.

Indonesia: Syahrul; Sani Rizki, Fachruddin, Dewangga, Edo; Irianto, Kambuaya, Evan Dimas; Irvan Jaya, Ramai, Dedik

Pertandingan uji coba internasional antara Indonesia melawan Timor Leste di Bali sudah dimulai tepat pukul 19.00 WIB.

Di awal pertandingan, duel timnas Indonesia melawan Timor Leste berlangsung dalam kondisi hujan. Untungnya kondisi lapangan sangat baik sehingga laju bola belum terganggu.

Belum ada gol yang tercipta pada 10 menit awal pertandingan uji coba internasional antara timnas Indonesia kontra Timor Leste. Pertarungan alot terjadi di lini tengah, namun belum ada peluang emas berarti.

Timnas Indonesia mendapat peluang emas di menit 12 melalui bek kiri Edo Febriansyah. Sayangnya sepakan keras Edo masih bisa ditepis kiper Junildo Pereira.

Semakin banyak peluang yang didapat timnas Indonesia di depan gawang Timor Leste. Dedik Setiawan punya dua peluang di menit 22 dan 27. Namun tak membuahkan gol. Peluang pertamanya mengenai tiang. Sedangkan yang kedua Dedik gagal menyontek umpan Ricky Kambuaya di mulut gawang.

Timor Leste secara mengejutkan bisa unggul lebih dulu di menit 34 lewat skema serangan balik cepat. Paulo Gali memenangi duel dengan Alfaendra Dewangga sebelum memperdaya Syahrul Trisna lewat tendangan lob ke tiang jauh.

Timor Leste nyaris menambah gol di menit 45 ketika Syahrul melanggar Gali di kotak penalti. Beruntung eksekusi penalti Mouzinho Baretto masih bisa ditepis Syahrul.

 HT: Timor Leste unggul 1-0 atas timnas Indonesia berkat gol indah Paulo Gali.

Babak kedua dimulai kembali. Timnas Indonesia tertinggal satu gol dari Timor Leste pada paruh pertama.

 Indonesia memasukkan Ronaldo Kwateh di babak kedua. Permainan pun jadi lebih hidup. Dua peluang didapat Irfan Jaya, tapi masih bisa ditepis kiper Timor Leste.

Timnas Indonesia akhirnya bisa menyamakan skor pada menit 64. Ricky Kambuaya mencetak gol indah setelah melakukan kerjasama dengan Ronaldo Kwateh.

Sesaat setelah menyamakan skor, Indonesia memasukkan wonderkid Marcelino Ferdinan. Pemain Persebaya Surabaya itu menggantikan Evan Dimas.

 Indonesia bisa berbalik unggul pada menit 72. Pratama Arhan membuat Indonesia memimpin lewat eksekusi penalti.

Timnas Indonesia menambah gol lagi di menit 76. Kembali Arhan menghadirkan prahara bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam Arhan yang begitu deras salah diantisipasi kiper Timor Leste dan malah masuk ke gawang sendiri.

Indonesia menambah gol lagi di menit 79. Kembali Timor Leste melakukan gol bunuh diri yang diakibatkan aksi Arhan. Kali ini umpan silang Arhan yang salah diantisipasi.

Pertandingan uji coba internasional Indonesia melawan Timor Leste berakhir dengan kemenangan 4-1. Indonesia bangkit di babak kedua.