Sukses

ZZ Stable Rebut Juara Nasional Kejuaraan Berkuda Arkav Cup 2022

ZZ Stable berhasil menangi kelas Eventing di kejuaraan berkuda Arkav Cup 2022 yang digelar selama empat hari di Parongpong, Bandung Barat.

Liputan6.com, Jakarta ZZ Stable berhasil mencatatkan prestasi gemilang saat mengikuti kejurnas berkuda Aragon Kavaleri Cup atau Arkav Cup 2022 yang berlangsung di kawasan Ksatriaan Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Pussenkav, Parongpong Bandung Barat Kamis sampai Minggu (23/1/2022) kemarin.

ZZ stable berhasil meraih beberapa gelar, bahkan mampu mempertahankan juara bertahan dalam perlombaan Nasional yang bergengsi yaitu Eventing Danpusenkav Cup 2022. Ini membuat owner ZZ Stable, Rohalia Kharisma Zein bangga dan terpukau, terlebih dengan banyaknya peserta.

"Dalam event ini salah satu kelas yang dipertandingkan adalah eventing, dimana 1 kuda dan 1 rider harus menyelesaikan 3 course yaitu dressage, jumping dan crosscountry. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak kuda dan rider yg mampu menguasai ketiga course ini," katanya seperti rilis yang diterima media.

"Pada event Arkav Cup 2022, di kelas eventing sendiri, yangg memperebutkan piala bergilir Danpusenkav Cup, ada sekitar 20 peserta. Dari ZZ Stable, kami mengirimkan 3 atlet dan 3 kuda khusus untuk eventing, yaitu Steven Menayang dgn kuda Allright, Alvaro Menayang dengan kuda Donitri dan Jamal Mewengkang dengan kuda Riga."

"Alhamdulillah tahun ini, ZZ Stable masih bisa mempertahankan piala bergilir Danpusenkav cup. Kalau tahun sebelumnya Alvaro dengan kuda Donitri yang menjadi juara, tahun ini yang juara Steven dengan kuda Allright, disusul dengan Jamal bersama kuda Riga di peringkat ketiga.Saya juga berharap kelas eventing bisa lebih sering dipertandingkan lagi, demi kemajuan olahraga equestrian di Indonesia," dia menambahkan.

Event ini digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-72 Kavaleri Angkatan Darat. Event ditutup secara resmi oleh Komandan Pussenkav, Mayjen (TNI) Gunung Iskandar ini, memecahkan rekor peserta terbanyak di sebuah turnamen berkuda level nasional.

Lomba diikuti 42 stable dari beberapa daerah, terjauh dari Sumatera Selatan. Ada total entry 797 dan ada 315 rider, termasuk didalamnya para atlet militer Kavaleri di berbagai kelas yang diperlombakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wujud Nyata

 

Salah satu atlet dari ZZ Stable, Steven Menayang tampil dengan sempurna dan meraih hasil yang luar biasa dalam beberapa perlombaan. Salah satu kelas paling bergengsi yang berhasil diraih Steven Menayang adalah juara 1 Eventing Danpusenkav Cup 2022. Berkatnya ZZ Stable mampu mempertahankan gelar juara bertahan dalam kelas yang paling bergengsi di ajang perlombaan tersebut.

Tak cuma Steven Menayang, salah satu atlet ZZ Stable lainnya yaitu Jamal Mewengkang juga tampil apik dalam ajang bergengsi ini. Jamal sendiri berhasil meraih juara 3 Eventing Danpusenkav Cup 2022 dan Juara 1 (100-110 cm open).

Ini merupakan wujud nyata dari ZZ Stable sebagai stable nasional agar dapat memajukan dunia berkuda khususnya equestrian di Indonesia.

"Alhamdulillah event Arkav Cup 2022 sudah berjalan lancar dan sukses. Meskipun sedang di tengah pandemi COVID-19, antusiasme para penggemar dan pelaku olahraga equestrian sangat baik," Rohalia Kharisma Zein menuturkan.

"Terlihat dari jumlah peserta yang meningkat sekitar 60 persen dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih untuk Aragon stable, Aragon horsefeed, dan Denkavkud sebagai penyelenggara event Arkav Cup 2022," dia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.