Sukses

Kasus Omicron Meningkat, Timnas Indonesia Vs Timor Leste Berlangsung Tanpa Penonton

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal bertemu Timor Leste dalam FIFA Matchday, 27 dan 30 Januari 2022. Kedua pertandingan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, bali, dan dipastikan tanpa penonton. 

Keputusan tanpa penonton resmi dikeluarkan setelah pertemuan dengan Polda Bali, PSSI, dan Satgas COVID-19 di Bali. Polda Bali dan Satgas Covid-19 beralasan virus Covid-19 jenis Omicron di Bali menunjukkan kenaikan. Mereka pun tak mau ambil risiko jika pertandingan digelar dengan penonton.

"Kami (PSSI) menyadari dan memahami masalah ini," kata Head of Dept Suporter Development and Engagement, Budiman Dalimunthe.

"PSSI sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait hal tersebut. Ini langkah terbaik untuk melindungi semua pemain, ofisial, panitia pelaksana, dan suporter sendiri terhadap varian omicron.” 

Budiman menambahkan saat ini Seri IV Liga 1 juga sedang berlangsung di Pulau Dewata.

Itu sebabnya untuk melindungi semua pihak yang terlibat dalam Liga 1, pembatalan adanya penonton di laga antara Timnas Indonesia dan Timor Leste bisa dimaklumi.

"Di atas semuanya itu ada masalah keselamatan yang lebih penting. FIFA matchday penting, tetapi mentaati protokol kesehatan jauh lebih penting. Itu sebabnya prokes ketat plus tanpa penonton sebagai langkah yang tepat.

“Mudah-mudahan di laga FIFA matchday berikutnya bisa ada penonton. Itu pun dengan catatatn varian omicron terus menurun,” Budiman menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Beda Kualitas

Di atas kertas, Timnas Indonesia sejatinya lebih unggul dibanding Timor Leste. Evan Dimas dan kawan-kawna saat ini menempati peringkat 164 dunia, sementara Timor Leste hanya di urutan ke-196.

Penampilan kedua tim di Piala AFF 2020 juga jauh berbeda. Timor Leste yang juga mengandalkan pemain muda gagal menembus fase knock out setelah tertanam di urutan terbawah Grup A. Sebaliknya, timnas Indonesia berhasil melaju hingga ke final sebelum dijegal oleh Timnas Thailand. 

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 27 nama untuk tampil pada pertandingan ini. Sebagian merupakan pemain yang tampil di Piala AFF 2020, Singapura. Susunan lengkapnya lihat di halaman selanjutnya. 

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

1. Muhammad Adisatryo, Persik

2. Syahrul Trisna, Tira Persikabo

3. Ernando Ari, Persebaya

4. Nadeo Argawinata, Bali United

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Alfeandra Dewangga, PSIS

7. Rizky Ridho, Persebaya

8. Achamad Figo, Arema FC

9. Pratama Arhan, PSIS

10. Moh Edo Febriansyah, Persita

11. Sani Rizki, Bhayangkara FC

12. Rizky Dwi, Arema FC

13. Rachmat Irianto, Persebaya

14. Evan Dimas, Bhayangkara FC

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

15. Ricky Kambuaya, Persebaya

16. Syahrian Abimanyu, Persija

17. Marselino Ferdinan, Persebaya

18. Ramai Rumakiek, Persipura

19. Irfan Jaya, Bali United

20. Yabes Roni, Bali United

21. Terens Puhiri, Borneo FC

22. Dedik Setiawan, Arema FC

23. Hanis Saghara, Tira Persikabo

24. Muhammad Rafli, Arema FC

25. Ronaldo Joybera, Madura United

26. Bayu Mohamad Fiqri, Persib