Sukses

Pecahkan Rekor Peserta, M Akbar Kurniawan Rebut 6 Emas di Kejurnas Berkuda Arkav Cup 2022

Muhammad Akbar Kurniawan berjaya di kejurnas berkuda Aragon Kavaleri Cup 2022 atau Arkav Cup 2022 di Parongpong, Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Atlet berkuda DKI Jakarta, Muhammad Akbar Kurniawan dan sang kakak Muhammad Akbar Maulana mendominasi kejurnas berkuda Aragon Kavaleri Cup 2022 atau Arkav Cup 2022 yang berlangsung di Kawasan Kesatrian Detasemen Kavaleri Berkuda (DenKavKud), Pussenkav, di Parongpong, Bandung Barat, Minggu (23/1/2021) lalu. Kejuaraan yang berlangsung 4 hari ini memecahkan rekor peserta.

M Akbar Kurniawan atau Aan tampil sempurna dan meraih total 6 medali emas dan 3 perak. Aan meraih emas dari dressage preliminary, dressage elementary, dressage advance, jumping 100 cm, jumping 110 cm, dan jumping 110-120 cm. Sementara 3 peraknya dari dressage Prix St. George, Dressage Advance, dan dressage Prix St. George.

Sang kakak, Akbar meraih dua medali perunggu bersama kudanya ‘Dior’ dari kelas Dressage Prix St. George pada hari pembukaan, dan satu perunggu lagi dari kelas Dressage Prix St. George.

Aan menyatakan puas karena kondisi kudanya pun sangat mendukung. Dia sangat suka dengan suasana lomba di Parongpong yang disponsori PT Aragon Tambang Pratama ini.

"Seluruh stable tentu ingin memberikan yang terbaik dalam lomba di awal tahun ini, bagus sekali untuk persiapan menuju lomba di Pulomas pekan depan," ujar Aan yang akan melanjutkan latihan dan ikut lomba di Jerman dalam waktu dekat.

Tak cuma para atlet nasional seperti Aan atau Akbar, beberapa atlet berkuda belia seperti Kealton Santoso, atau si cantik Gadis Kireina Iskandar juga menunjukkan semangat juang dan harapan besar untuk menjadi professional atlet di masa mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HUT Kavaleri Angkatan Darat

Ajang berkuda tingkat nasional bertitel ‘Aragon Kavaleri Cup 2022’ ini digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-72 Kavaleri Angkatan Darat. Event yang ditutup secara resmi oleh Komandan Pussenkav, Mayjen (TNI) Gunung Iskandar ini, mendapat sambutan luar biasa lantaran memecahkan rekor peserta terbanyak.

Lomba diikuti 42 stable dari beberapa daerah, termasuk yang terjauh dari Sumatera Selatan, dengan total entry 797 dan rider hingga 315, termasuk di dalamnya para atlet militer Kavaleri di berbagai kelas yang diperlombakan.

Kejurnas berkuda Arkav Cup 2022 menjadi wujud nyata Korps Kavaleri dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan olahraga berkuda di Indonesia. Gunung Iskandar yang juga merupakan Penanggungjawab dalam event ini sekaligus Dewan Pengawas di PP Pordasi menyatakan rasa puasnya atas sukses event berkuda nasional ini.

"Yang paling berkesan adalah peserta meningkat sampai 60% dari event sebelumnya. Ini juga memecahkan rekor dengan peserta terbanyak. Saya ikut bangga, terlebih buat semua atlet yang tampil meramaikan ajang ini. Buat yang menang, jangan cepat puas diri dan yang belum meraih kemenangan, teruslah berlatih agar kalian bisa mewujudkan impian kalian menjadi juara kelak," katanya didampingi Ketua Event Arkav Cup 2022, LetKol Kavaleri Bayu Sandhya Dharma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.