Sukses

Persija Promosikan Sudirman untuk Angkat Tim di BRI Liga 1

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta mempromosikan Surdirman menjadi pelatih kepala untuk lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Sudirman, yang sebelumnya menjadi asisten, menggantikan Angelo Alessio yang dipecat, Rabu (19/1/2022).

Presiden Persija Mohamad Prapanca menyebut Sudirman sebagai sosok ideal karena sudah sangat mengenal para pemain.

"Coach Jend tentu sudah sangat memahami karakter seluruh pemain, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi. Kami berharap dia dapat mengangkat performa Persija menjadi lebih baik," ungkap Prapanca dilansir situs resmi klub.

Sudirman tidak asing dengan jabatan pelatih kepala Persija. Pria berusia 52 tahun tersebut membawa Macan Kemayoran menjuarai turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Catatan tersebut menambah alasan positif manajemen Persija untuk memercayakannya naik level sekali lagi. Ditambah lagi Sudirman sudah memiliki lisensi pelatih A AFC sehingga secara administrasi tak bermasalah jika berkarier pada BRI Liga 1.

2 dari 3 halaman

Debut Sudirman

Sudirman pun menegaskan siap menjalankan tugasnya dan bertekad membawa Persija kembali ke papan atas klasemen. Kapten timnas Indonesia tahun 1996 tersebut juga meminta anak-anak asuhnya untuk selalu bersama melalui semua rintangan.

"Semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat. Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas," tutur Sudirman.

Sudirman akan menjalani debut sebagai pelatih kepala pada laga melawan Persita Tangerang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (26/1/2021).

3 dari 3 halaman

Kinerja Alessio

Persija sebelumnya mengakhiri kerja sama dengan pelatih Angelo Alessio. Manajemen mengambil keputusan berdasar kinerja di lapangan.

"Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik," kata Prapanca.

Manajemen menilai kinerja Macan Kemayoran hingga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 kurang memuaskan. Marko Simic dan kawan-kawan terdampar di posisi delapan dengan raihan 29 angka.

Performa tersebut membuat Persija mengubah target menjadi masuk tiga besar setelah sebelumnya membidik titel juara. Menurut manajemen, tim bakal kesulitan memenuhi misi jika Alessio dipertahankan.