Sukses

BRI Liga 1: Resmi Pecat Angelo Alessio, Siapa Pelatih Anyar Persija Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta mengakhiri kerja sama dengan pelatih Angelo Alessio. Manajemen mengambil keputusan berdasar kinerja di lapangan.

"Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca di situs resmi klub.

Manajemen menilai kinerja Macan Kemayoran hingga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 kurang memuaskan. Marko Simic dan kawan-kawan terdampar di posisi delapan dengan raihan 29 angka.

Performa tersebut membuat Persija mengubah target menjadi masuk tiga besar setelah sebelumnya membidik titel juara. Menurut manajemen, tim bakal kesulitan memenuhi misi jika Alessio dipertahankan.

Sebelumnya suporter Persija, The Jakmania, mendesak manajemen memecat Alessio sampai akhirnya manajemen klub benar-benar mendepaknya.

2 dari 4 halaman

Dampak Positif

Meski demikian, Prapanca menyebut Alessio juga memberikan dampak positif kepada Persija. Salah satunya, Alessio memberikan kepercayaan kepada para pemain muda sehingga kemampuan mereka terus berkembang.

"Terlepas dari hasil yang memang tidak memuaskan, kami juga ingin berterima kasih kepada Angelo Alessio karena berani memberikan kesempatan kepada para pemain muda Persija untuk mencicipi atmosfer Liga 1. Hal tersebut akan menjadi pondasi Persija dalam membangun tim di masa depan. Kami juga mendoakan Angelo untuk sukses dalam kariernya ke depan," tutur Prapanca.

3 dari 4 halaman

Reputasi Mentereng

Alessio ditunjuk sebagai pelatih Persija sejak Juni 2021 dan dikontrak selama satu tahun. Sosok asal Italia ini datang dengan pengalaman mentereng di Eropa.

Dia merupakan asisten pelatih saat Antonio Conte menjadi pelatih kepala di Siena (2010/2011), Juventus (2011/2012-2013/2014), tim nasional Italia (2014-2016) dan Chelsea (2016/2017-2017/2018).

Sepanjang itu, Alessio membantu Conte untuk membawa Juventus tiga kali juara Liga Italia, Chelsea satu kali juara Liga Inggris dan sekali juara Piala FA.

 

4 dari 4 halaman

Pelatih Pengganti

Persija belum mengumumkan siapa sosok yang akan menggantikan Alessio. Akan tetapi, berkaca dari sebelumnya, mereka kerap memberikan mandat kepada assisten pelatih Sudirman untuk menjadi pelatih kepala sementara ketika juru taktik utama absen.

Di bawah komando Sudirman, Persija sukses menjadi turnamen pramusim Piala Menpora 2021.