Sukses

Ingin Kontrak Dusan Vlahovic, Arsenal Terganjal Masalah Biaya

Liputan6.com, Jakarta- Arsenal tertarik untuk mengontrak striker Fiorentina Dusan Vlahovic pada jendela transfer Januari. Sayangnya, rencana The Gunners itu bisa saja tertunda akibat tuntutan biaya dari pihak pemain.

Melansir Mirror, Vlahovic merupakan striker yang tengah naik daun di kancah sepak bola Eropa. Pemain Fiorentina itu tercatat sukses membukukan 20 gol dari total 23 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Ia juga mengoleksi tujuh gol dalam 14 penampilan senior di tingkat internasional, serta meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik Serie A musim lalu. Tak heran jika Dusan Vlahovic menjadi target incaran panas di bursa transfer.

Arsenal adalah salah satu klub yang tertarik mendatangkan sang pemain. Tim yang ditukangi oleh Mikel Arteta itu kabarnya bersedia membayar 70 juta euro (kurang lebih Rp1,1 triliun) kepada Fiorentina demi menyewa jasa Vlahovic.

Sayangnya, laporan media Italia Ansa mengeklaim sang raksasa Liga Premier belum berhasil membujuk Vlahovic untuk bertolak dari Tuscany ke London. Masalah biaya rupanya menjadi salah satu alasan kuat di balik situasi ini.

2 dari 4 halaman

Komisi Agen

Dikutip dari Mirror, agen Vlahovic kabarnya menginginkan 18 juta euro (Rp293 miliar) untuk memuluskan transfer pemain internasional Serbia itu ke Emirates.

Sky Italia mengeklaim dana tersebut nantinya akan dibagi untuk Vlahovic dan agennya. Sang pemain diperkirakan bakal menerima 8 juta euro (kurang lebih Rp130 miliar), sementara sisanya bakal jatuh ke tangan agen.

Lebih lanjut, Vlahovic juga diduga menuntut 20 persen dari setiap penjualan di masa depan, yang bakal memberi dampak besar pada valuasinya di bursa transfer.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Fiorentina

Vlahovic masih memiliki 18 bulan tersisa dalam kontraknya bersama Fiorentina. Meski demikian, La Viola nampaknya sudah rela menjual pemain bintang mereka pada bursa transfer Januari.

“Manajer tak mengesampingkan potensi penjualan, bahkan pada Januari. Kami siap untuk mengevaluasi semua tawaran, tetapi saat ini belum ada yang datang,” ujar CEO Fiorentina Joe Barone dalam Il BiancoNero, seperti dilansir dari Mirror.

Vlahovic sejatinya bisa menjadi opsi transfer realistis bagi The Gunners, yang sudah menyatakan niat untuk memboyong pemain baru sejak lama.

Direktur Arsenal Josh Kroenke juga pernah menegaskan bahwa pihaknya bakal bertindak di bursa transfer jika ada peluang. Walau begitu, kesediaan Arsenal memenuhi tuntutan biaya Vlahovic masih menjadi pertanyaan.

4 dari 4 halaman

Merogoh Kecek

Di sisi lain, legenda klub Paul Merson dan Ian Wright mendesak The Gunners untuk memboyong Vlahovic ke Emirates. Menurutnya, Arsenal perlu merogoh kocek demi mendapatkan sang pemain, meski harus menunggu hingga bursa transfer musim panas.

“Mereka harus merogoh kocek untuk mendapatkan Dusan Vlahovic dari Fiorentina pada musim panas, karena dia akan membuat mereka (pihak klub) menjadi penantang dalam (perebutan) gelar,” kata Merson kepada Daily Star.

“Saya sudah dengar bahwa dia (Vlahovic) tak tertarik dengan Arsenal saat ini dan saya bisa memahaminya. Akan tetapi, dia mungkin berubah pikiran jika mereka (The Gunners) finis di empat besar dan menawarinya banyak uang,” pungkas mantan pemain itu.

 

Penulis: Melinda Indrasari