Sukses

Pertama Kali Dalam Sejarah, Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia Ikut Piala Asia

Liputan6.com, Jakarta Timnas putri hoki outdoor Indonesia akan tampil di Piala Asia 2022 yang berlangsung di Muscat, Oman, pada 21-28 Januari 2022. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah Indonesia ikut Piala Asia Hoki Outdoor Putri.

Indonesia akan berkekuatan 20 pemain di Oman nanti. Annur Amelia El Islamy dan kawan- kawan bertolak ke Oman, Selasa (18/1/2022).

Di Kejuaraan Hoki Outdoor Putri Piala Asia 2022, Indonesia berada di Pool A bersama China, Korea Selatan dan Thailand sedangkan Pool B dihuni India, Jepang, Malaysia dan Singapura.

Meski baru pertama kali ikutan ajang Piala Asia, Timnas putri hoki outdoor Indonesia diharapkan memberikan penampilan terbaik sehingga bisa menembus peringkat empat besar yang berarti lolos ke Piala Dunia 2022.

"Saya berharap Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia tampil maksimal dalam setiap pertandingan. Mudah-mudahan mereka bisa menembus peringkat empat sekaligus lolos ke World Cup 2022," kata Ketua Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP FHI), Mayjen TNI Budi Sulistijono pada acara pelepasan Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia di Markas NOC Indonesia Lantai 16 Gedung FX Senayan Jakarta, Senin (17/1/2022).

Budi Sulistijono juga tidak lupa mengingatkan seluruh anggota Timnas Indonesia untuk menjaga kondisi fisik dan mengikuti protokol kesehatan (prokes). "Jaga kesehatan dan ikuti prokes. Karena, kalau ada yang terkena Covid-19 itu sangat merugikan," tegasnya seperti dikutip dari Antara.

 

 

2 dari 4 halaman

Saingan

Sementara itu kapten Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia, Annur Amelia El Islamy juga menyatakan tekadnya untuk memberikan penampilan terbaik di Oman nanti.

"Saingan di Oman nanti cukup berat, Tetapi, saya dan teman-teman siap tempur dan akan berusaha memberikan penampilan terbaik," kata Annur yang sudah memperkuat Timnas Hoki Indonesia pada SEA Games Myanmar 2013, SEA Games Kuala Lumpur 2017 dan Asian Games 2018.

3 dari 4 halaman

Penampilan Terbaik

Pelatih Kepala Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia, Muhammad Dhaarma Raj bin Abdullah mengakui cukup sulit untuk menembus peringkat empat besar di Oman. Apalagi, Timnas Hoki Outdoor Putri Indonesia berada di peringkat ke-7 Asia. Namun, pelatih yang pernah membawa Timnas Hoki Malaysia ke peringkat 4 dunia ini akan berusaha mendorong atlet-atlet putri Indonesia untuk memberikan penampilan terbaik pada setiap pertandingan.

"Sulit menembus empat besar sekaligus lolos ke World Cup 2022. Peta kekuatan Hoki Outdoor putri di Asia itu dikuasai China, Jepang, Korea Selatan dan India. Timnas Hoki Outdoor Putri indonesia hanya saya targetkan tampil maksimal dan bisa mengalahkan Thailand dan Singapura," katanya.

"Peluang untuk lolos ke World Cup 2024 nanti hanya dimiliki Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia yang akan turun pada Kejuaraan Hoki Indoor Asia di Thailand, 21-28 Maret nanti. Begitu juga Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia untuk menjadi runner up yang sekaligus memastikan tiket ke World Cup 2024," tambahnya.

Dengan lolos ke Piala Asia maka, timnas hoki outdoor putri Indonesia juga dipastikan mendapat tiket ke Asian Games Hangzou Zhejiang, China. 10-25 September 2022.

4 dari 4 halaman

Skuat

Skuad Timnas Hoki Outdoor Indonesia :

Manajer Tim : Adolf Triasmoro

Pelatih Kepala : Muhammad Dhaarma Raj Bin Abdullah

Pelatih : Hendri Aulia dan Edwin Aldrin Mamoribo

Physotherapy: Wulan Suci Febriani

Judge/ITO : Winnie Wijayanti

Atlet : Bunda Eka Mandasari, Iryani Rumbiak, Melinda, Annur Amelia El Islamy, Irianti Ratnaningsih, Adriana Asa, Widiyana Saruli, Lispa, Nur Anisa, Yohana Septina Ronsumbre, Rahma, Yuanita Ramadhani Suwito, Nurasiah, Olevia Kbarek, Novelin Emy Rumbruren, Asri Dewi Prasasti, Paulina Ronsumbre, Rayhan Jamatain Ainani Uno, Aulia Gassani Putri Arindah, dan Widadina Farihah.