Sukses

Valentino Rossi Tentukan Karier Baru Usai Tinggalkan MotoGP

Liputan6.com, Roma - Valentino Rossi tidak bisa meninggalkan dunia balap. Setelah meninggalkan MotoGP, sosok asal Italia itu akan mengikuti Kejuaraan Fanatec GT World Challenge Europe bersama Tim WRT untuk musim 2022.

Rossi akan bersaing di kelas Endurance Cup dan Sprint Cup bersama pembalap resmi Audi.

Sprint Cup dijadwalkan mulai berlangsung di Misano (1-3 Juli). Sementara Endurance Cup menghadirkan sejumlah balapan, di antaranya seri Imola (1-3 April) dan Spa 24 Jam (28-31 Juli).

“Saya senang bergabung dengan Tim WRT untuk Fanatec GT World Challenge Eropa. Semua orang tahu saya menggemari balap mobil dan selalu tertarik untuk membalap di atas roda empat begitu karier MotoGP berakhir," jelas Rossi, dilansir Crash.

"Sekarang saya benar-benar tersedia untuk mengabdikan diri pada program balap mobil di tingkat tinggi dan dengan pendekatan profesional yang tepat. Team WRT adalah pasangan sempurna yang saya cari dan saya ingin memulai petualangan baru ini bersama mereka."

Rossi menunjukkan minat ke roda empat setelah menguji Audi R8 GT3 di Valencia, Desember tahun lalu. Sosok berusia 42 tahun itu kemudian dijadwalkan mengikuti balapan daya tahan Gulf 12 Jam akhir pekan lalu. Namun Rossi terpaksa absen karena kontrak erat dengan pasien Covid-19.

 

2 dari 3 halaman

Tim Unggulan

Tim WRT merupakan kekuatan dominan. Mereka mengoleksi total 28 gelar tim dan pembalap sejak 2011 pada ajang Fanatec GT World Challenge.

"Saya yakin banyak penggemar senang seperti kami karena Rossi memulai karier baru di roda empat dan melakukannya di GT, bersama Tim WRT dan Audi," kata Kepala Tim WRT Vincent Vosse.

"Kita semua tahu betapa hebatnya seorang juara sepeda motor dan tokoh olahraga seperti Vale. Tetapi yang terpenting dia adalah pembalap sejati dan olahragawan yang sangat profesional dan kompetitif, yang ingin selalu sukses dalam tantangan baru yang dia ambil."

"Inilah mengapa kami benar-benar ingin bekerja dengannya. Tes yang kami lakukan di Valencia sangat positif bagi kedua belah pihak. Kami mengambil banyak hal dari sana. Kami dengan hangat menyambut Vale di keluarga WRT dan saya yakin kami akan menjalani balapan yang sangat menarik dan kedua pihak mendapatkan pengalaman menyenangkan," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Sempat Menjajal GT World Challenge

Rossi bukanlah pendatang baru di seri ini. Dia sempat mengikuti dua balapan Endurance di Monza dan Nurburgring pada musim 2012.

Petualangannya di Fanatec GT World Challenge Europe dimulai dengan tes resmi di Sirkuit Paul Ricard pada 7-8 Maret. Musim Endurance Cup akan dimulai di Imola, sedangkan Sprint Cup dibuka di Brands Hatch pada 30 April-1 Mei.