Sukses

Covid-19 Ganggu Timnas Senegal di Piala Afrika 2021, Hanya 17 Pemain Fit

Badai Covid-19 menyerang Timnas Senegal jelang laga perdana di Piala Afrika 2021 melawan Zimbabwe di Bafoussam, Kamerun, Senin (10/1/2022).

Liputan6.com, Yaounde - Badai Covid-19 menyerang Timnas Senegal jelang laga perdana di Piala Afrika 2021 melawan Zimbabwe di Bafoussam, Kamerun, Senin (10/1/2022).

Mereka kembali kehilangan tiga pemain yang terjangkit virus, yakni kiper Edouard Mendy, penyerang Famara Diedhiou, dan kapten Kalidou Koulibaly.

Tambahan kasus itu menambah daftar panjang pemain Senegal yang positif Covid-19. Sebelumnya Saliou Ciss, Bamba Dieng, Mame Baba Thiam, Pape Matar Sarr, Nampalys Mendy, dan Alfred Gomis juga harus bertahan di Dakar karena memiliki virus, dengan tim bertolak ke Kamerun.

Ismaila Sarr, yang akhirnya dipulangkan dari Watford, masih dibekap cedera, begitu pula Abdoulaye Seck. Artinya, pelatih Aliou Cisse hanya punya skuat berisikan 17 pemain.

"Ini situasi yang sulit dan kompleks. Tapi kami akan berusaha tampil kompetitif dan itu misi mereka yang bermain di tengah absennya sejumlah nama," kata Cisse dalam jumpa pers di Bafoussam, Minggu (9/1/2022).

"Kami akan tetap menyongsong laga melawan Zimbabwe dengan penuh kepercayaan diri," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peraturan Ketat

Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) memberlakukan peraturan ketat terkait Covid-19 untuk turnamen kali ini. Apabila dites positif, pemain tidak akan diizinkan berangkat ke stadion atau bertanding. Tetapi, tim tetap harus bermain selama memiliki 11 pemain sehat, bahkan apabila tidak ada seorang pemain pun berposisi kiper.

Sedangkan tim yang tidak memiliki 11 pemain untuk bertanding akan dinyatakan kalah otomatis dengan skor 0-2 untuk lawan.

3 dari 3 halaman

Ditunda Setahun

Piala Afrika 2021 resmi dibuka Minggu dan berlangsung hingga 6 Februari mendatang. Ajang ini semestinya berlangsung tahun lalu tapi ditunda karena pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.