Sukses

Perbandingan Kekuatan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan 2020: Kombinasi Jitu Pemain Muda

Shin Tae-yong membawa skuad Timnas Indonesia ke Piala AFF 2020 dengan memadukan pemain muda dan langganan masuk timnas

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses mencapai partai puncak Piala AFF 2020. Skuad Garuda akan bertemu lawan tangguh Thailand.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020 akan berlangsung di Stadion Nasional Singapura dengan sistem dua leg mulai Rabu (29/12/2021). Laga kedua akan digelar Sabtu 1 Januari 2022.

Bagi timnas Indonesia, final Piala AFF 2020 menjadi kesempatan keenam mereka tampil di partai puncak kompetisi sepak bola tertinggi Asia Tenggara itu. Sayangnya, timnas Indonesia masih belum berhasil meraih gelar juara Piala AFF meski sudah lima kali tampil di final.

Harapan tinggi dialamatkan pada Timnas Indonesia kali ini. Pasalnya, penampilan Evan Dimas dkk mengalami perubahan cukup signifikan, terutama sejak ditangani pelatih asal Korsel Shin Tae-yong.

Bukti cukup jelas terlihat saat Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 dengan catatan meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pilihan Shin Tae-yong

Piala AFF 2020 sendiri akan menjadi momen debut Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia di ajang tersebut. Untuk menghadapi debutnya di kompetisi ini, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain ke timnas Indonesia.

Shin Tae-yong juga kembali memanggil pemain-pemain yang sudah menjadi langganan timnas Indonesia seperti, Asnawi Mangkualam atau Rachmat Irianto.

3 dari 7 halaman

Kombinasi

Selain itu, dia juga memanggil empat pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Empat pemain itu, yakni Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman.

Keputusan Shin Tae-yong memanggil banyak pemain muda diapresiasi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia menyebut kombinasi pemain pilihan Shin Tae-yong sangat bagus.

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI. "Masa depan tim ini saya yakin akan cerah," imbuhnya.

Mantan pelatih timnas Thailand, Chanwit Phonchewin, jugs sempat menilai tim ini. Pressing tinggi, serangan balik cepat, dan pertahanan rapat, dinilai menjadi tiga kekuatan utama timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

4 dari 7 halaman

Dirombak

Menariknya, Shin Tae-yong memutuskan untuk merombak skuad timnas Indonesia. Kini hanya tersisa empat pemain yang pernah berlaga di Piala AFF 2018 lalu.

Empat pemain itu antara lain, Fachrudin Aryanto, Evan Dimas, Irfan Jaya, dan Dedik Setiawan.

5 dari 7 halaman

Sangat Buruk

Perjalanan timnas Indonesia di Piala AFF edisi sebelumnya memang sangat buruk. Di bawah komando Bima Sakti, saat itu timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup.

Tergabung di Grup B, timnas Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan dan bercokol di peringkat empat.

6 dari 7 halaman

Pemain Muda

Timnas Indonesia berangkat ke Piala AFF 2018 dengan fakta para pemain muda tampil mengesankan di SEA Gamaes 2017 dan Asian Games 2018.

Hal tersebut membuat Bima Sakti, yang awalnya mendampingi Luis Milla, dalam dua turnamen yang diikuti Timnas Indonesia U-22 itu, memilih membawa banyak pemain muda dalam skuadnya.

Awan Setho Raharjo, Alfath Fathier, Putu Gede, Bagas Adi Nugroho, Gavin Kwan Adsit, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Zulfiandi, Evan Dimas, Muhammad Hargianto, Septian David Maulana, Febri Hariyadi, dan Irfan Jaya adalah pemain muda yang dibawa Bima Sakti dalam skuad AFF 2018.

7 dari 7 halaman

Banyak Debutan

Jika melihat skuad tersebut, hanya sedikit pemain yang sebelumnya sudah pernah tampil di Piala AFF. Selain Evan Dimas dan Hansamu Yama, hanya Andritany, Rizky Pora, Fachrudin Aryanto, Stefano Lilpaly, dan Andik Vermansah yang sebelumnya sudah merasakan atmosfer di Piala AFF.

Artinya cukup banyak debutan di skuad Garuda di Piala AFF 2016. Selain sejumlah pemain muda, Riko Simanjuntak dan Alberto Goncalves baru menjalani debutnya di Piala AFF pada edisi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.