Sukses

Momen Dramatis Indonesia ke Final Piala AFF 2020: 3 Kartu Merah Singapura Termasuk Kiper, Penalti The Lions Ditepis Nadeo

Duel Indonesia melawan Singapura pada semifinal Piala AFF 2020 berlangsung dramatis. Ada enam gol tercipta dan 3 kartu merah untuk Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menjalani duel yang melelahkan saat menyingkirkan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Indonesia menang 4-2 lewat perpanjangan waktu pada laga yang berlangsung di National Stadium, Sabtu (25/12/2021).

Ada enam gol yang terjadi di pertandingan yang berlangsung 120 menit itu. Indonesia mencetak 4 gol lewat Ezra Walian, Pratama Arhan, Anuar (gol bunuh diri) dan Egy Maulana Vikri.

Pertandingan berjalan seperti memihak Indonesia di babak pertama. Ezra Walian berhasil mencetak gol di menit ke-11 hasil umpan Witan Sulaeman.

Indonesia lalu dikejutkan dengan gol telat Song Ui Young di akhir babak pertama. Dia manfaatkan umpan tendangan bebas Irfan Fandi di momen Singapura bermain dengan 10 pemain usai Baharudin diusir wasit.

Apalagi momen dramatis di laga Indonesia vs Singapura, simak di halaman berikutnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gol Ezra Walian

 

Indonesia tampil dengan susunan pemain yang berbeda lagi saat menghadapi Singapura. Irfan Jaya yang biasanya starter jadi cadangan.

Selain itu Ezra Walian yang biasanya cadangan malah jadi starter. Terbukti, pilihan Shin Tae-Yong jitu karena Ezra Walian cetak gol di menit ke-11.

 

 

3 dari 5 halaman

Kartu Merah, Tapi Cetak Gol

 

Singapura menjalani sebuah momen yang mengejutkan di injury time babak pertama. Bek mereka Burhanudin diusir wasit karena menyikut bek timnas, Rizky Ridho.

Namun Singapura malah cetak gol lewat Song Ui Young. Skor Indonesia melawan Singapura pun berubah 1-1 di babak pertama.

 

4 dari 5 halaman

Singapura Tambah Gol dengan 9 Pemain, Penalti Ditepis Nadeo

 

Momen dramatis lainnya terjadi Singapura kehilangan bek Irfan Fandi di menit ke-67. Dia dianggap melanggar Irfan Jaya di luar kotak penalti.

Namun uniknya, Singapura malah berbalik unggul lewat gol tendangan bebas Sulaiman di menit ke-74. Gol Indah ini membuat permainan Indonesia jadi tegang.

Untung saja, Indonesia berhasil menyamakn skor lewat Pratama Arhan di menit ke-87. Skor berubah 2-2 dan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Drama tak berhenti karena Pratama dianggap melanggar di menit ke-88 sehingga mengakibatkan penalti. Untung saja. tendangan Faris Ramli ditepis Nadeo

 

5 dari 5 halaman

Hassan Sunny Diusir Wasit

 

Ketegangan bertambah besar saat Indonesia mencetak gol cepat di babak perpanjangan waktu. Keteledoran Anuar mengantisipasi umpan Egy Maulana Vikri malah membuat Singapura tertinggal 2-3.

Indonesia makin bersorak saat Egy Maulana Vikri bikin skor jadi 4-2 di menit ke-105. Tapi paling dramatis terjadi saat Hassan Sunny diganjar kartu merah karena melanggar Irfan Jaya di luar kotak penalti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung
    Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung

    Ezra Walian

  • Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)
    Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)

    Final Piala AFF 2020