Sukses

Piala AFF 2020: Vietnam Vs Thailand Berlangsung Keras, Satu Pemain Dilarikan ke Rumah Sakit

Do Duy Manh dibawa ke rumah sakit dalam kondisi masih mengenakan kostum timnas Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta Duel timnas Vietnam melawan Thailand di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020 berlangsung panas. Diwarnai sejumlah pelanggaran dan keputusan kontroversial wasit yang bertugas, Timnas Thailand akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0, pada Kamis (23/12/2021).

Bertanding di Singapore National Stadium, dua gol timnas Thailand diborong Chanatip Songkrasin pada menit 14 dan 23. Lionel Messi Thailand itu bahkan nyaris mencetak gol ketiga di pengujung babak kedua setelah Thailand mendapat hadiah penalti. Sayang, tendangan Chanatip mampu dibaca kiper lawan. 

Duel Vietnam vs Thailand berlangsung panas dan diwarnai benturan-benturan antarpemain. Sepanjang laga, timnas Vietnam tercatat melakukan 21 pelanggaran dan menerima 3 kartu kuning. Sementara Thailand yang melakukan 18 pelanggaran mendapat kartu kuning yang lebih banyak, yakni 4 buah. 

Seperti dilansir Soha, salah seorang pemain timnas Vietnam menjadi 'tumbal' panasnya duel melawan Thailand. Do Duy Manh terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai berbenturan dengan penyerang lawan pada menit ke-83 yang celakanya justru berujung pada hadiah penalti kepada timnas Thailand. 

 

   

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilarikan ke Rumah Sakit

Manh sendiri tampak mengerang kesakitan sembari memegangi bahunya. Diy Manh juga tidak bisa melanjutkan pertandingan dan segera digantikan oleh Pham Xuam Manh pada menit ke-85. 

Manh diketahui mengalami cedera bahu. Karena kondisinya cukup parah, Manh bahkan harus dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah meninggalkan lapangan dalam kondisi masih mengenakan kostum pertandingan. Dari hasil pemeriksaan diketahui, bila Manh mengalami dislokasi bahu yang parah.

Dan menurut dokter, bila tidak segera ditangani kondisinya bakal bertambah parah.  Karena itu, untuk meluruskan persendiannya, Duy Manh pun terpaksa harus dibius meski tidak sampai dioperasi. 

Tim medis masih terus memantau perkembangan Manh. Namun diprediksi, pemain berusia 25 tahun tersebut kemungkinan tidak bisa tampil pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020. Sesuai jadwal, kedua tim kembali akan bertemu di stadion yang sama, pada Minggu (26/12/2021). 

 

3 dari 3 halaman

Keputusan Kontroversial

Sementara itu, sejumlah keputusan kontroversial dikeluarkan oleh wasit Saoud Ali H J Al-Adba saat memimpin duel Vietnam vs Thailand. Selain penalti yang melibatkan pelanggaran Duy Manh, Al-Adba dianggap keliru hanya memberi kartu kuning kepada kiper Thailand, Chatchai Budprom usai melakukan pelanggaran terhadap pemain Vietnam Van Toan di luar kotak penalti. Banyak pihak menilai, Budprom seharusnya diganjar kartu merah karena menjadi pemain terakhir yang berhadapan dengan Toan. 

Masih ada beberapa keputusan Al-Adba yang dianggap kontroversial yang tidak hanya merugikan Vietnam, tapi juga Thailand. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF