Sukses

Kaleidoskop 2021: 6 Event Olahraga Bergengsi di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Dunia olahraga dalam negeri di sepanjang 2021 berlangsung di tengah pengawasan dan aturan ketat. Situasi ini terjadi bukan tanpa sebab yang jelas, tapi terkait dengan kondisi kesehatan yang masih memprihatinkan, yakni merebaknya pandemi Covid-19 yang belum usai.

Bahkan, sebelumnya sejumlah event olahraga terpaksa ditunda gara-gara semakin merebaknya virus tersebut. Sejak Covid-19 menyerang Tanah Air, kegiatan masyarakat jadi terbatas demi menekan angka penyebaran virus itu. Olahraga jadi salah satu yang terkena imbas paling besar.

Namun, seiring dengan cepatnya penanganan yang dilakukan pemerintah, insan-insan yang terkait dengan dunia olahraga mulai merancang untuk memulai lagi gelaran atau event yang sempat tertunda.

Apalagi, pemerintah sudah melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Meski begitu setiap kegiatan harus disertai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Penyelenggara harus menggandeng satgas Covid-19 dan menyediakan berbagai penunjang prokes. Seperti, pembatasan jumlah penonton, kursi yang berjarak. Kemudian lokasi pertandingan yang dibagi menjadi dua dan aturan jumlah orang yang ada di area pertandingan.

Selanjutnya harus mengenakan masker saat berkegiatan, mencuci tangan dan selalu membawa hand sanitizer, dan menjaga agar tidak terlalu dekat dengan kerumunan.

Keberanian dari pemerintah untuk menggelar event olahraga di Tanah Air mulai muncul tahun ini. Berikut 6 gelaran yang diadakan ditengah bayang-bayang pandemi Covid-19 dan dirangkum Liputan6.com pada kaleidoskop 2021:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Piala Menpora 2021

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dihelat Maret hingga April lalu. Kompetisi sepakbola Ini jadi pilot project untuk bisa menggulirkan kompetisi Liga 1.

Sebelumnya, kenyataan pahit harus dirasakan sepakbola Indonesia setelah kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 terhenti di tengah jalan akibat pandemi virus Corona COVID-19. Polri tidak mengeluarkan izin keramaian pada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Namun, PSSI dan PT LIB tidak lantas putus asa dalam upaya menghidupkan kembali kompetisi di Tanah Air. Kali ini dengan dukungan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), mereka menyusun rencana meggelar turnamen pramusim, yang kemudian diberi nama Piala Menpora 2021.

Saat itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan juga jika mereka berencana menggelar Liga 1 Indonesia musim 2021-2022.

Persija Jakarta berhasil tampil jadi uara Piala Menpora 2021. Macan Kemayoran menang mutlak atas rival abadinya Persib Bandung dengan skor agregat 4-1.

3 dari 7 halaman

BRI Liga 1 2021/2022

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia BRI Liga 1 2021/2022 akhirnya bisa bergulir. Kick off pertandingan antara Bali United dan Persik Kediri yang berlangsung Jumat, 27 Agustus 2021 lalu menandai era baru industri sepak bola nasional yang digelar di era pandemi Covid-19.

BRI Liga 1 memakai format bubble to bubble tanpa kehadiran suporter serta penerapan protokol kesehatan ketat. PT Liga Indonesia Baru atau PT LIB menerapkan aturan ketat sesuai prokes yang ditetapkan Satgas Covid-19 dan pemerintah.

Saat pertandingan berlangsung, protokol kesehatan ketat juga diterapkan panitia BRI Liga 1. Jumlah orang di stadion dibatasi dalam 3 zona, zona 1 di lapangan hijau hanya 40 orang. Zona 2 di tribun terbatas 150 orang, Zona 3 di luar gedung stadion/lingkar dalam 200 orang. . Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021/2022 saat ini resmi diliburkan.

Keputusan ini dikeluarkan untuk menghormati himbauan pemerintah yang telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 menjelang rentang waktu libur natal serta tahun baru.

Perkembangan terakhir, penyelenggara mendapat sinyal baik soal kehadiran penonton pada kompetisi BRI Liga 1 dan Liga 2. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memberikan lampu hijau kepada pihak penyelenggara, PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan uji coba dengan jumlah terbatas.

4 dari 7 halaman

PON XX Papua 2021

Setelah sempat ditunda, PON ke-20 tuntas digelar di Provinsi Papua. Ini menjadi kali perdana PON digelar di Tanah Papua. Momen tersebut sekaligus menjadi tonggak pemeratan infrastruktur olahraga di Indonesia Timur.

PON Papua 2021 digelar 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021 di empat cluster di Papua. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang menutup acara ini, menyebut PON XX Papua merupakan perhelatan PON tersulit. Pasalnya, PON XX digelar di tengah kondisi pandemi Covid-19, sehingga menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelumnya, PON XX Papua dibuka Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 2 Oktober 2021. Adapun kontingen Jawa Barat mengunci gelar juara umum dalam Pekan Olahraga Nasional XX Papua dengan total raihan 353 medali. Mereka mempertahankan prestasi yang diraih saat menjadi tuan rumah PON XIX 2016.

Sementara Papua mengakhiri PON dengan torehan gemilang karena untuk pertama kalinya mampu mengoleksi 93 emas, 66 perak, juga 102 perunggu.

5 dari 7 halaman

Sirkuit Mandalika

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) pada 12 November 2021 lalu. Pembangunan sirkuit yang menelan biaya hingga Rp1,1 triliun ini memiliki spesifikasi yang tidak main-main.

Memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit, sirkuit ini tercatat memiliki panjang lintasan mencapai 4,31 kilometer, dilengkapi dengan 17 tikungan dan kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand.

Selain menjadi tuan rumah ITDC 2021 dan WSBK 2021, sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika juga resmi masuk dalam kalender MotoGP tahun 2022.

Dorna Sports sendiri sudah mentetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

Sirkuit Mandalika langsung menjadi lokasi penyelenggaraan seri penutup World Superbike (WSBK) 2021, yang berlangsung mulai 19–21 November 2021.

6 dari 7 halaman

World Superbike 2021

Terkait peresmian Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, arena balapan ini langsung digunakan untuk penyelenggaraan seri terakhir World Superbike (WSBK) 2021. Seri ini menjadi penentu pembalap yang berhak naik ke podium juara.

Toprak Razgatlioglu, pembalap Pata Yamaha asal Turki akhirnya tampil sebagai juara dunia WSBK tahun ini.

Toprak ditetapkan sebagai Juara Dunia karena Toprak sudah memenangkan 12 seri balapan Word Superbike selama 2021. Kemenangan Toprak dengan Pata Yamaha ini juga sekaligus mematahkan dominasi Kawasaki yang berturut turut menjadi juara selama 6 tahun terakhir.

Sebelum digunakan sebagai lokasi perhelatan seri terakhir WSBK 2021, Sirkuit Mandalika sejatinya akan lebih dulu digunakan untuk ajang IATC 2021 yang berlangsung pada 13–14 November.

7 dari 7 halaman

Badminton Festival 2021

Turnamen bulutangkis bergengsi bertajuk Indonesia Badminton Festival 2021 sudah digelar sejak 16 November 2021 lalu. Event induk yang berisi rangkaian tiga turnamen besar, yakni Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals 2021 sudah berakhir 5 Desember 2021 mendatang.

Bertempat di The Westin Resort, Nusa Dua Bali, kompetisi ini akan mempertemukan bintang-bintang badminton kelas dunia dari 22 negara. Dalam tiga turnamen besar BWFIndonesia berhasil meraih satu gelar juara di ajang Indonesia Open 2021 lewat ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Rangkaian turnamen di Indonesia Badminton Festival diawali dengan gelaran Daihatsu Indonesia Masters 2021 Super 750. Dalam turnamen ini, Indonesia berhasil menempatkan satu wakil di partai final yaitu ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukomuljo.

Lalu turnamen bergengsi berikutnya adalah SimInvest Indonesia Open 2021 Super 1.000. Indonesia berhasil menempatkan 2 wakil di partai final yaitu ganda putra Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukomuljo dan ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu.

Sayangnya Indonesia belum berhasil meraih gelar juara di sektor ganda putri. Pasangan Greysia/Apri harus menelan kekalahan dari ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Dan turnamen yang terakhir adalah gelaran BWF World Tour Finals 2021. Indonesia berhasil menempatkan dua wakil di partai semifinal pada tanggal 4 Desember 2021. Mereka adalah ganda putri Greysia / Apri dan ganda putra Kevin/Marcus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS