Sukses

Gagal Jadi Juara Grup, Media Korea Sebut Park Hang-seo Tak Mampu Lampaui Anak Asuh Shin Tae-yong

Usai gagal merebut status Juara Grup B di Piala AFF 2020, Park Hang-seo selaku nakhoda Timnas Vietnam disebut tak mampu melampaui Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong

Liputan6.com, Jakarta Piala AFF 2020 tengah menjadi sorotan media Korea Selatan. Pasalnya, turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara ini menampilkan pertarungan dua juruk taktik asal Negeri Ginseng, Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, yang sama-sama tergabung di Grup B.

Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sukses melaju ke semifinal dengan predikat juara grup. Sementara itu, Park Hang-seo, yang menjadi komando Timnas Vietnam, harus rela menyandang predikat runner up usai kalah produktivitas gol dari Skuad Garuda.

Menanggapi situasi ini, media Korea InterFootball menyebut Park Hang-seo tak mampu melampaui kekuatan Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Padahal, The Golden Star, yang berstatus juara Piala AFF edisi sebelumnya, dianggap sebagai penantang kuat turnamen ini.

“Pelatih Park Hang-seo telah menunjukkan potensi (sebagai) juara bertahan, tetapi ia tidak bisa melampaui Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong,” tulis InterFootball dalam laporannya yang diunggah pada Senin (20/12/2021) lalu.

“Itu (runner up) adalah peringkat yang mengecewakan bagi Vietnam, yang tidak kebobolan satu gol pun sepanjang babak penyisihan grup. Vietnam akan menghadapi perjalanan sulit dengan bertemu Thailand, tim yang paling banyak memenangkan Piala AFF (di babak semifinal),” sambung InterFootball

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong di Piala AFF

Park Hang-seo diketahui telah lebih dulu menjajal Piala AFF dibanding Shin Tae-yong. Sejak mengambil alih kursi pelatih di Timnas Vietnam, Park Hang-seo sukses menjadikan The Golden Star sebagai salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Puncaknya terjadi ketika The Golden Star merebut trofi Piala AFF 2018. Gelar tersebut merupakan yang pertama bagi Vietnam dalam 10 tahun terakhir. Tak heran jika The Golden Star kini mulai mengincar kemenangan beruntun keduanya di Piala AFF.

Adapun, Shin Tae-yong baru menjadi nakhoda Timnas Indonesia pada 2019. Piala AFF kali ini merupakan pengalaman pertama bagi Shin Tae-yong. Meski demikian, ia berhasil membuktikan kualitasnya dengan mengantar Skuad Garuda melaju ke semifinal.

3 dari 4 halaman

Dijuluki Keajaiban

Berkat tren positif yang ditorehkan sepanjang pelaksanaan Piala AFF 2020, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo dijuluki sebagai “keajaiban” oleh media Korea.

“Keajaiban Shin Tae-yong dan Park Hang-seo, juara 1 dan 2 grup yang sama-sama melaju ke babak semifinal,” tulis media Korea Chosun Ilbo dalam headline laporannya.

Menanggapi sanjungan tersebut, Shin Tae-yong menyebut dirinya dan Park Hang-seo memang berusaha memberi yang terbaik bagi skuad masing-masing. Namun, para pemain juga dinilai punya andil dalam memberikan performa maksimal, sehingga mampu meraih hasil terbaik.

“Setelah menjabat sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia, saya berusaha untuk menunjukkan penampilan terbaik, dan para pemain pun mengikuti dengan baik sehingga (kami) bisa menghasilkan yang terbaik sejauh ini di turnamen,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual jelang semifinal Piala AFF 2020 pada Selasa (21/12/2021).

“Saat ini Pelatih Park Hang-seo juga sudah menunjukkan yang terbaik di Timnas Vietnam, dan itu merupakan kebanggan bagi orang-orang Korea. Ini menjadi sinergi kita untuk mempromosikan kualitas kepelatihan Korea,” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Semifinal

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo kini tengah mempersiapkan pasukannya masing-masing untuk menghadapi partai semifinal Piala AFF 2020.

Skuad Garuda bersama Shin Tae-yong dijadwal bersua dengan Singapura pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021). Sementara itu, The Golden Star besutan Park Hang-seo bakal menantang Juara Grup A Thailand pada Kamis (23/12/2021) dan Minggu (26/12/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.