Sukses

Piala AFF 2020: Rekor Pertemuan Indonesia vs Malaysia, Skuat Garuda Imbang dengan Harimau Malaya

Indonesia tercatat telah delapan kali bersua dengan Harimau Malaya sepanjang sejarah gelaran Piala AFF sejak 1996. Dari total pertemuan tersebut, Skuad Garuda menang empat kali dan kalah empat kali

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan segera berhadapan dengan wakil Malaysia pada matchday ke-5 penyisihan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (19/12/2021).

Bertanding di Stadion Nasional Singapura, laga ini sekaligus menjadi penentu keberhasilan anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk melaju ke babak selanjutnya.

Skuat Garuda kini bertengger di puncak klasemen sementara Grup B dengan torehan tujuh poin. Vietnam menyusul di posisi kedua dengan jumlah poin sama usai bermain imbang melawan Indonesia pada Rabu (15/12/2021).

Sementara itu, Malaysia terpaut satu poin dari Indonesia dengan catatan 2 kemenangan dan satu kekalahan. Harimau Malaya tunduk oleh Vietnam pada Minggu (12/12/2021) di Stadion Bishan dengan skor akhir 3–0.

Skuad Garuda perlu setidaknya menahan imbang Malaysia pada laga penyisihan terakhir demi mengamankan tiket menuju semifinal. Hasil tersebut cukup untuk membuat Indonesia keluar sebagai runner up jika Vietnam menang atas Kamboja.

Sayangnya, Malaysia bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Skuad Garuda telah berkali-kali bersua dengan timnas dari Negeri Jiran di berbagai kompetisi, termasuk Piala AFF. Simak head to head Indonesia vs Malaysia di Piala AFF pada halaman selanjutnya!

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Indonesia tercatat telah delapan kali berhadapan dengan Malaysia sejak Piala AFF pertama kali digelar pada 1996 dengan nama Piala Tiger. Skuad Garuda dan Harimau Malaya sama-sama mencatatkan empat kemenangan dan empat kekalahan dari total laga tersebut.

Pertemuan pertama antara kedua Timnas terjadi di semifinal Piala Tiger 1996. Sukses keluar sebagai juara grup, Skuad Garuda langsung dibungkam Malaysia dengan skor 1–3 dalam laga semifinal yang berlangsung di Singapura.

Enam tahun berselang, Indonesia Kembali dihadapkan dengan Malaysia pada babak semifinal Piala AFF 2002. Kali ini, Skuad Garuda sukses revans berkat gol semata wayang dari Bambang Pamungkas. Namun, pada 2004, Indonesia lagi-lagi tumbang 1–2 dari Malaysia.

Adapun, pertemuan terbaru Timnas Indonesia dan Malaysia di Piala AFF terjadi pada 2012. Skuad Garuda harus rela menelan kekalahan 0–2, usai kebobolan gol dari Azamuddin Akil dan Mahali Jasuli.

3 dari 4 halaman

Pertemuan Paling Ikonik

Perjumpaan paling ikonik antara kedua tim terjadi di Piala AFF 2010. Dalam satu turnamen tersebut, Indonesia harus tiga kali bersua dengan Harimau Malaya.

Menang 5–1 dari Malaysia di fase grup, Indonesia pada akhirnya gagal merebut gelar juara Piala AFF usai kalah agregat 2–4 di partai puncak. 

4 dari 4 halaman

Skenario Indonesia ke Semifinal

Skuad asuhan Shin Tae-yong dipastikan bakal mengamankan tempat di semifinal jika berhasil menang atau bermain imbang dengan Malaysia.

Sebaliknya, jika kalah dari Malaysia, Timnas Indonesia hanya bisa berharap Vietnam meraih hasil sama kala bertemu Kamboja agar bisa merebut tiket ke babak selanjutnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.