Sukses

Ditahan Imbang 0-0 di Piala AFF 2020, Media Vietnam Kritik Permainan ‘Kasar’ Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan ketiga Grup B Piala AFF 2020 berakhir sama kuat. Timnas Indonesia sukses menahan imbang 0-0 Timnas Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Namun, keberhasilan skuat Garuda dalam menahan berbagai serangan yang diluncurkan Timnas Vietnam tampaknya memperoleh atensi lebih. Timnas Indonesia dinilai menerapkan permainan ‘kasar’ untuk memutus laju bola.

Salah satu media Vietnam, vietnamnet.vn menyebut hasil imbang dalam pertandingan ini bukan karena permainan Timnas Indonesia yang solid. Melainkan karena skuat Garuda menerapkan permainan ‘kasar’ layaknya pertandingan di atas ring tinju.

“Timnas Indonesia selalu saja melakukan kebiasaan buruk, yakni menggunting dan menggunting kaki lawan. Apalagi, mereka juga tidak segan untuk menendang bola sembari menendang pemain Timnas Vietnam. Sungguh permainan yang kurang pantas,” tulis vietnamnet.vn.

Tercatat memang ada beberapa pelanggaran keras yang dilakukan anak asuh Shin Tae-Yong pada laga malam tadi. Mulai dari duel antara Ricky Kambuaya dengan Nguyen Quang Hai hingga cederanya Nguyen Cong Phuong usai bertabrakan dengan salah satu penggawa Garuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penuh Gengsi

Duel antara Timnas Indonesia kontra Timnas Vietnam memang menjadi pertandingan yang syarat akan gengsi. Apalagi, kedua tim sama-sama dinahkodai oleh pelatih asal Korea Selatan.

Sehingga, tak ayal, kedua juru taktik ini berusaha memberikan skema terbaiknya agar mampu meraih poin penuh. Terlebih, bagi Shin Tae-Yong, pelatih berusia 52 tahun ini sudah dipermalukan pada dua pertandingan terakhirnya kala bersua Timnas Vietnam.

Waktu itu, Timnas Indonesia harus puas mengalami dua kekalahan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dimana pada pertemuan pertama skuat Garuda harus mengakui kekalahan 1-3 dan pertemuan kedua harus kalah menyakitkan usai dicukur 0-4 tanpa balas.

3 dari 3 halaman

Tidak Berdampak Apapun

Namun, terlepas dari hasil imbang yang diraih pada matchday ketiga ini. Timnas Vietnam sejatinya tetap memiliki potensi yang begitu besar untuk lolos ke babak selanjutnya.

Mengingat, laga terakhir anak asuh Park Hang-Seo ini hanya menghadapi Timnas Kamboja. Dimana Timnas Kamboja baru meraih satu kemenangan dari tiga laga yang telah dilakoni.

Berbeda dengan Timnas Indonesia, Evan Dimas dan kolega harus berjuang mati-matian agar tidak kalah dari musuh bebuyutan Malaysia. Minimal, skuat Garuda harus bermain imbang atau meraih kemenangan bila ingin lolos ke babak semifinal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS