Sukses

Piala AFF 2020: Pelatih Vietnam Pantang Anggap Remeh Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Jelang laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Vietnam pada Rabu (15/12/2021), Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo nampaknya enggan memandang remeh kemampuan skuad Garuda di bawah besutan Shin Tae-yong.

The Golden Star sejatinya unggul dalam hal rekor pertemuan dibanding skuad Garuda. Dari lima laga terakhir, Vietnam berjaya tiga kali, seri sekali, dan kalah satu kali. Yang terbaru, Vietnam berhasil menuntaskan perlawanan anak-anak asuh Shin Tae-yong dalam laga kualifikasi Piala Dunia, Juni tahun ini.

Terlepas dari serangkaian hasil positif yang ditorehkan The Golden Star, Park Hang-seo menilai Timnas Indonesia patut diwaspadai. Pasalnya, skuad Garuda disebut telah mencatatkan banyak perubahan jika dibandingkan dengan kondisi mereka pada Juni lalu.

“Kita juga tahu bahwa dibandingkan dengan (pertandingan kontra) Indonesia pada Juni, yang dimenangkan Vietnam, mereka memiliki banyak perubahan, termasuk dalam hal pemain,” ujar Park, seperti dilansir dari media Vietnam TheThao247.

“Jangkauan aktivitas mereka lebih luas, kekuatan individu dan kebugarannya juga lebih baik. Mereka mencetak 9 gol dalam dua pertandingan pertama di Piala AFF, ini membuktikan kekuatan serangan mereka sangat bagus,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Tak Gentar

Di sisi lain, juru taktik skuad Garuda Shin Tae-yong mengaku tak gentar menghadapi Vietnam pada Rabu (15/12/2021).

Ia tak menampik Vietnam adalah lawan tanggung sekaligus calon juara di Piala AFF 2020. Meski demikian, Shin percaya Timnas Indonesia akan memberikan yang terbaik dalam laga tersebut.

“Kami tidak takut melawan Vietnam. Selama percaya diri, kami bisa melakukan yang terbaik,” ujar sang pelatih asal Korea Selatan ini dalam konferensi pers virtual yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Catatan Vietnam

Dari dua laga penyisihan Grup B yang dilakoni Vietnam di Piala AFF 2020, The Golden Star berhasil mengantongi dua kemenangan atas Malaysia dan Laos.

Walau kalah dari Indonesia dalam hal jumlah gol, Vietnam sukses membuktikan kerapatan pertahananya dengan tidak membiarkan lawan meraih satu gol pun di tiap pertandingan. Adapun, skuad asuhan Park Hang-seo ini menang 3–0 atas Malaysia, dan 2 – 0 atas Laos.

 

Penulis: Melinda Indrasari

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF 2020
  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF
  • Shin Tae-Yong merupakan pelatih anyar yang menukangi Timnas Indonesia sejak 2019
    Shin Tae-Yong merupakan pelatih anyar yang menukangi Timnas Indonesia sejak 2019
    Shin Tae-Yong
  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    vietnam
  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Timnas Indonesia
  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Timnas Vietnam