Sukses

Punya Sekjen Baru, IESPA Diharapkan Bisa Gaspol

Liputan6.com, Jakarta- Langkah Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA), Eddy Liem menunjuk Ibnu Riza Pradipto menjadi Plt Sekjen IESPA menggantikan Sekjen Prananda IA mendapat dukungan dari Pengprov-pengprov anggota asosiasi esports tersebut. Ibnu Riza Pradipto yang semula menjabat Ketua Harian IESPA dinilai bisa membawa IESP ke arah lebih baik lagi.

Kehadiran sekjen baru dirasa perlu karena IESPA akan sangat sibuk sekali mengingat bangak agenda esports besar di tanah air. Salah satunya adalah bakal menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022.

Setelah Ketua Pengprov IESPA DKI Jakarta, Erlangga Putra dan Ketua Pengprov IESPA Sumatera Utara, Mikhael Nainggolan memberikan dukungan dan juga menginginkan segera digelarnya rapat anggota setelah pertemuan zoom tersebut.

Kini, Ketua Pengprov IESPA Maluku, Andi Husti Awaludin buka suara. Dia bukan hanya memberikan dukungan tetapi menyebut Ibnu Riza Pradipto merupakan sosok anak muda yang mempunyai spirit luar biasa untuk mengembangkan dunia Esports di Tanah Air.

"Kemampuan pak Ibnu Riza sudah terbukti di beberapa even nasional dan international. Beliau sangat profesional dalam menjalani tugas dan mandat yang diberikan, apalagi Indonesia di tahun 2022 akan menjadi tuan rumah World Esports Championship," kata Andi Husti Awalidin kepada awak media, Jumat (3/12/2021) malam.

"Saya yakin dengan ditunjuknya pak Ibnu Riza sebagai Plt Sekjen maka IESPA akan maju ke depan. Tak hanya itu, beliau sosok anak muda pemersatu kaum milenial," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Tak Jalan Ditempat

Andi Husti Awaludin berharap keberadaan Ibnu Riza membuat IESPA tidak lagi jalan di tempat, seperti mobil mogok, dan semua pengurus Pengprov lebih diperhatikan dari segala aspek. "Kami sangat yakin Pak Ibnu Riza tangan yang paling tempat untuk membuat gebrakan tersebut," tandasnya.

Ketua Pengprov IESPA Jawa Timur, Prakoso Setioputro mengatakan sangat penting keselarasan antara ketua umum dan sekjen agar roda organisasi bisa tetap berputar. Dan, dia menilai penunjukan Ibnu Riza sebagai Plt Sekjen sangat tepat dikarenakan saat ini IESPA membutuhkan gerakan yang dinamis.

"Mas Ibnu bisa memenuhi itu dan membawa ke dualisme-an Esports ke arah yang lebih baik dan we win solution untuk semua pihak. Agar tercipta nya ekosistem esports yang lebih baik," jelasnya.

"Sosok mas Ibnu untuk pemahaman soal Esports sangat baik ya dikarenakan dia dekat dengan komunitas dan memahami betul sistem di dalam ekosistem Esports untuk saat ini," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Lain

Sementara itu, Pengprov Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) mengaku belum mendapat kabar dari Ketua Umum IESPA soal Plt Sekjen. "Kalau terkait ini kami dari IESPA Sulteng belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari Pengurus Pusat. Sepengetahuan kami, mekanisme penggantian Sekjen harus melalui Munas/Munaslub atau rekomendasi Pengawas," kata Ketua IESPA Sulteng, Hairul.

"Kami Pengda IeSPA Kalsel juga belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari Pengurus Pusat. Sepengetahuan kami, harus ada mekanisme penggantian Sekjen, yaitu melalui Munas/Munaslub atau rekomendasi dari Pengawas terlebih dahulu sesuai hirarki AD ART," kata Fredy Adam, Ketua IESPA Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Tentu di setiap keputusan atau kebijakan pasti akan ada pro kontra, menurut saya dengan adanya pro kontra tersebut membuktikan bahwa organisasi turut aktif dan benar benar memikirkan hal tersebut. Semoga dengan dipilihnya Mas ibnu sebagai Plt bisa benar benar memberi hal yang baik untuk kemajuan Esports Indonesia," kata Montana, Wakil Ketua Pengprov IESPA Nusa Ternggara Barat (NTB).

"Untuk penunjukan Pak Ibnu Riza sebagai Plt Sekjen, saya rasa ko Eddy selaku ketua umum IESPA sudah menimbang dan memikirkan segala sesuatu untuk IESPA yang lebih baik. Apapun keputusan ketum ko Eddy. dari pengda sulut pasti mendukung," tambah Ivan Legoh, Ketua Pengprov IESPA Sulawesi Utara (Sulut).