Sukses

Finis di Podium Ketiga, Rifat Sungkar Rebut Juara Kejurnas Sprint Rally 2021

Liputan6.com, Jakarta Pereli Senior, Rifat Sungkar kembali merebut gelar juara umum Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021. Keberhasilan ini didapatkannya usai merebut podium ketiga di putaran 4 kejurnas sprint rally 2021.   

Putaran pamungkas ajang sprint rally nasional itu berlangsung selama dua hari di Meikarta, Karawang, Jawa Barat, 26-27 November 2021. Melombakan 4 Special Stage, ajang yang menghadirkan kombinasi lintasan aspal dan gravel tersebut berlangsung sangat kompetitif.  

Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan tampil cukup konsisten pada setiap SS. Meski sempat mengalami kendala, Rifat mampu menjaga penampilannya dengan strategi yang jitu. Pada SS1, Rifat bersama Mitsubishi Xpander AP4 melaju tanpa beban mengingat posisinya di klasemen umum Kejurnas Sprint Rally 2021 sudah tak tergoyahkan.

Di stage pembuka itu Rifat mencoba membaca penampilan para pesaingnya sembari mempersiapkan strategi di tiga SS berikutnya.   

Di SS2, ketika memutuskan untuk tampil all out,  mobil yang dikendarai Rifat mengalami kendala di bagian throttle censor setelah terkena benturan keras di area gravel. Akibatnya mobil sempat mati beberapa kali dan membuat catatan waktu tidak memenuhi harapan.  

Ini pula yang membuat strategi Mitsubishi Xpander Rally Team berubah.Rifat dan Redwan main aman dan ingin menjaga catatan waktu hingga finis.

"Kami kemudian mengubah strategi yaitu mempertahankan posisi dengan menjaga pace, agar tidak tertinggal dari kompetitor di depan maupun terkejar oleh lawan di belakang," Rifat. 

 

2 dari 3 halaman

Berhasil

 

Strategi tersebut membuahkan hasil. Rifat dan Redwan yang konsisten menjaga kecepatan berhasil mengakhiri lomba di podium ketiga. Posisi itu membuat pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan kembali sukses membawa Mitsubishi Xpander AP4 menjadi Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021. 

Keberhasilan Rifat Sungkar dan M. Redwan bertengger d posisi puncak ajang Sprint Rally Nasional setelah sebelumnya sukses menjuarai Putaran 1 yang berlangsung di Tanjung Lesung dan Putaran 3 di Sentul. Sementara di Putaran 2 berada di podium dua dan Putaran 4 di podium 3.  

Kejuaraan nasional yang begitu kompetitif dipuji oleh Rifat Sungkar. Menurutnya penampilan para pereli semakin bagus dan merata dilihat dari bergantiannya para pereli yang menjadi juara di setiap putaran. Hal itu tidak hanya terjadi di Kelas M1 dimana Rifat dan Redwan berlaga, tapi juga dikelas-kelas lainnya. 

“Tingkat kompetisi pada Kejurnas Sprint Rally tahun ini begitu ketat. Pereli bergantian menjadi juara. Kondisi demikian sangat bagusbagi perkembangan dunia rally di tanah air,” ucap Rifat. 

 

3 dari 3 halaman

Puji Rival

 

Rifat juga memuji penampilan Ryan Nirwan dan H. Rihan Variza. Menurutnya kedua pereli itu memiliki masa depan yang sangat bagus.  “Ryan Nirwan dan H. Rihan Variza sangat kompetitif. Mereka berdua adalah future champion rally Indonesia,” katanya.

Rifat juga sangat puas pada Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi tunggangannya. Sepanjang kejuaraan, Xpander AP4 melaju tanpa kendala berarti. Di setiap putaran selalu tampil bagus dan memberikan hasil yang memuaskan. 

“Saya super happy dan benar-benar puas dengan performa Xpander AP4. Ini bisa menjadi pembelajaran yang sangat berarti bagi pengembangan Mitsubishi di masa depan. Karena ‘siksaan’ yang telah kami lakukan terhadap mobil ini dapat dilewati dengan bagus dan menorehkan prestasi terbaik," ujar Rifat.