Sukses

Timnas Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022, Mancini Tetap Percaya Diri

Timnas Italia gagal merebut tiket ke Piala Dunia 2022 setelah ditahan imbang Irlandia Utara pada babak kualifikasi grup C.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, masih optimistis pasukannya mampu melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mancini bahkan berharap Gli Azzurri mampu memenangkan turnamen akbar tersebut. 

Nasib kembali tragis menimpa timnas Italia. Juara Piala Eropa 2020 itu terancam tidak lolos lagi ke Piala Dunia setelah di babak kualifikasi zona Eropa hanya finis di urutan kedua klasemen Grup C. 

Italia tergusur dari puncak setelah pada laga terakhir ditahan imbang tanpa gol oleh Irlandia Utara pada pertandingan di Windsor Park, Belfast, Selasa (16/11/2021). Posisi Gli Azzurri digusur oleh Swiss yang secara meyakinkan berhasil menang 4-0 atas Bulgaria di Stadion Swissporarena, Lucerne.

Sebagai runner up grup, peluang Timnas Italia lolos ke Qatar akan ditentukan melalui babak play off. 

"Tidak ada yang bisa kami lakukan saat ini, pertandingannya baru ada Maret nanti, dan kami akan melakukan yang terbaik yang kami bisa," kata Roberto Mancini seperti dilansir dari Football-Italia.net.

"Pada mome ini, kami sedang berjuang untuk mencetak gol, meski kami mendominasi penguasaan bola dan inisiatif. Irlandia Utara menempatkan semua orang untuk bertahan dan kami kesulitan untuk menembus pertahanan seperti itu," ujar Mancini mengomentari hasil laga melawan Irlandia Utara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal ke Piala Dunia 2018

Empat tahun lalu, Timnas Italia tidak berhasil lolos ke babak utama Piala Dunia Rusia 2018. Hasil ini menjadi pukulan telak bagi warga Italia yang selama ini dikenal sangat menggilai sepak bola. 

Harapan publik mulai bangkit lagi setelah di Piala Eropa 2020 lalu, Italia tampil memukau dan berhasil keluar sebagai juara. Di final, pasukan Roberto Mancini mengalahkan timnas Inggris lewat adu penalti. 

 

3 dari 4 halaman

Masih Optimistis

"Ini menyedihkan, karena kami seharusnya mengunci posisi pincak jauh sebelum kejadian ini datang menimpa kami. Kami hanya perlu mencari lagi, apa yang menjadi ciri kami selama ini," kata Mancini.

"Kami memiliki dua penalti yang gagal di pertandingan yang menentukan, sehingga menunjukkan bahwa kami memiliki peluang untuk menang," beber mantan pelatih Manchester City tersebut. 

"Sekarang kami bersiap untuk bulan Maret dan kami berangkat ke play off dengan percaya diri. Kami akan memastikan tempat kami di Piala Dunia dan berharap bisa memenangkan turnamen itu."

 

4 dari 4 halaman

Portugal juga Bernasib Sama

Selain Italia, Portugal juga gagal merebut tiket langsung ke Piala Dunia Qatar 2022. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan harus melewati babak play off setelah menempati posisi kedua klasemen Grup A. 

Portugal tergusur usai menelan kekalahan 1-2 dari Serbia di laga penutup Grup A. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini