Sukses

Portugal Tertunda, Berikut Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

Di samping negara-negara Eropa, ada satu negara dari Zona Amerika Selatan dan satu negara dari Asia yang juga sudah dipastikan lolos.

Liputan6.com, Jakarta Kroasia berhak mendapat satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 usai kalahkan Rusia 1-0 dalam laga pemungkas Grup H kualifikasi zona Eropa di Stadion Poljud, Split, Minggu malam WIB (14/11/2021).

Kroasia memimpin klasemen akhir Grup H denga nilai 23. Mereka lolos ke Qatar. Rusia yang mengemas nilai 22 finis di posisi kedua dan berhak berjuang lagi di babak playoff.

Kroasia pun langsung bergabung dengan negara-negara lain yang lebih dulu dipastikan lolos ke putaran final. Hingga kini sebanyak sembilan negara telah memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2022.

Spanyol dan Serbia jadi dua negara terbaru yang lolos ke Piala Dunia 2022. Kedua negara itu mengikuti jejak Jerman, Denmark, Brasil, Belgia, Prancis, Kroasia, dan tuan rumah Qatar.

Timnas Spanyol lolos berkat kemenangan 1-0 saat menjamu Swedia di Stadion Olimpiade Sevilla. Alvaro Morata tampil menjadi pahlawan tim setelah mencetak satu-satunya gol di laga itu/.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peringkat Pertama

Spanyol berada di peringkat pertama dengan koleksi 16 poin dari tujuh laga, sedangkan Swedia di posisi kedua dengan selisih satu angka saja.

Serbia berhasil menggagalkan harapan Cristiano Ronaldo dkk meraih tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia usai kalah tipis 1-2 dalam laga Grup A di Stadion do SL Benfica, Minggu waktu setempat atau Senin dini hari WIB (15/11/2021).

3 dari 5 halaman

Kalah Dramatis

Portugal kalah dramatis setelah gawang mereka kebobolan menit 90. Umpan silang Dusan Tadic dari sisi kiri pertahanan Portugal diterukan tandukan Aleksandar Mitrovic.

Portugal berhasil unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan berjalan sembilan menit. Renato Sanches membobol gawang Serbia lewat tembakan keras dari dalam kotak penalti. Serbia membuat skor imbang jadi 1-1 lewat gol Dusan Tadic.

4 dari 5 halaman

Babak Play-Off

Hasil ini membuat Serbia lolos ke Piala Dunia 2022 selaku juara Grup A dengan 20 poin. Sementara itu, Portugal mesti melalui babak play-off untuk menjaga asa ke Qatar.

Di samping negara-negara Eropa, ada satu negara dari Zona Amerika Selatan dan satu negara dari Asia yang juga sudah dipastikan lolos. Berikut daftar negara yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 hingga Minggu (14/11/2021) malam WIB:

5 dari 5 halaman

Daftar 9 Negara yang Lolos

1. Jerman

2. Denmark

3. Brasil

4. Belgia

5. Perancis

6. Kroasia

7. Qatar (tuan rumah)

8. Spanyol

9. Serbia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.