Sukses

Sempat Lesu Darah karen Pandemi, BRI Liga 1 Beri Angin Segar ke Pelaku UMKM

Bergulirnya kembali BRI Liga 1 2021/2022 ikut membawa dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM di bidang penjualan merchandise klub atau atribut sepak bola merasakan adanya peningkatan penjualan.

Liputan6.com, Bandung - Bergulirnya kembali BRI Liga 1 2021/2022 ikut membawa dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM di bidang penjualan merchandise klub atau atribut sepak bola merasakan adanya peningkatan penjualan.

Padahal selama pandemi covid-19, industri UMKM seperti mati suri. Hendri selaku manajer The Original Viking Fanshop (TOVF) menjadi salah satu yang merasakan manfaat kompetisi BRI Liga 1.

“Saya sangat berterima kasih kepada BRI Liga 1 karena kompetisi bisa berjalan lagi. Sebelumnya, kami hampir tidak berkutik selama pandemi melanda. Berbagai upaya kami lakukan agar dapat bertahan," kata Hendri yang mengaku penjualan TOVF naik sekitar 30-50 persen.

"Sekarang penjualan sudah mulai membaik dan kami bisa menghidupi karyawan yang berjumlah sekitar 20 orang. Kami juga produksi sendiri, jadi secara ekonomi cukup berdampak ke banyak warga lokal,” ujarnya menambahkan.

TOVF berdiri pada 2006. Menurut Hendri, usaha ini berdiri atas inisiatif dari beberapa anggota suporter Persib Bandung yang kerpa disebut Viking.

Dalam perjalanannya, TOVF memproduksi baju-baju ala distro yang ditujukan untuk para penggemar Persib Bandung. Mereka berharap, kehadiran TOVF yang sudah memasuki tahun ke-15 bisa menjadi simbol pemersatu suporter Persib.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Kembali ke Stadion

Lebih lanjut, Hendri mengaku bersukur TOVF perlahan bangkit seperti semula. Namun sebagai salah satu suporter Persib, ia berharap bisa segera kembali menonton langsung ke stadion.

“Saya melihat antusiasme dari masyarakat sudah cukup baik, seperti tercermin dari penjualan di toko kami. Namun, jika bisa kembali (menonton di stadion), walau hanya 30 persen kapasitas stadion, itu sudah cukup,” ungkap Hendri.

3 dari 3 halaman

Bantu Masyarakat

Salah satu usaha yang dilakukan suporter Persib adalah mengorganisasi kegiatan vaksinasi di beberapa daerah. Mereka berharap percepatan vaksinasi bisa membantu suporter untuk kembali ke stadion.

"Kami dari suporter juga banyak melakukan kegiatan sosial, seperti mendistribusikan vitamin dan sembako ke berbagai wilayah di Jawa Barat. Kami juga ikut bekerja sama dengan manajemen Persib untuk mengorganisasikan kegiatan vaksinasi di beberapa daerah. Harapannya, semakin banyak yang divaksin dan pandemi segera berakhir,” kata Hendri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.