Sukses

Resmi, Andrea Dovizioso Perkuat Yamaha hingga MotoGP 2022

Liputan6.com, Misano - Andrea Dovizioso resmi kembali ke MotoGP. Dia akan membalap di sisa musim bersama Petronas SRT.

Dovizioso bakal melakoni debut bersama Yamaha pada MotoGP San Marino 2021 di Misano, akhir pekan ini.

Runner-up MotoGP tiga kali tersebut juga akan membalap bersama SRT di MotoGP 2022. Pada saat itu tim akan berdiri sendiri setelah Petronas mengundurkan diri. Namun, mereka akan mendapat motor spek pabrikan dari Yamaha.

"Membalap bersama Yamaha selalu jadi impian. Ketika kesempatan tiba, maka saya tidak berpikir dua kali. Meski, saya tahu ini akan jadi tantangan besar bagi saya," kata Dovizioso, dilansir Crash.

"Saya harus banyak belajar. Tantangan besar memulai petualangan ini di Missano. Saya makin tidak sabar menunggangi M1," sambung sosok berusia 35 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Duet dengan Valentino Rossi

Dovizioso meninggalkan MotoGP pada musim ini akibat minimnya tawaran kompetitif setelah bercerai dari Ducati. Tes bersama Aprilia sekilas membuka pintu baginya untuk kembali.

Namun, jalan itu tertutup setelah Aprilia memilih Maverick Vinales yang meninggalkan Yamaha. Di sisi lain, kepergian Vinales memberi tiket bagi Dovizioso kembali ke MotoGP.

Dovizioso menggantikan Franco Morbidelli yang dipromosikan ke tim utama menggantikan Vinales. Dia bakal menjadi rekan setim Valentino Rossi hingga akhir musim. Namun, rekan setimnya untuk 2022 belum diumumkan.

3 dari 3 halaman

Promosi Morbidelli

Yamaha memastikan status Morbidelli sebagai pembalap tim pabrikan pada waktu bersamaan. Dikontrak hingga 2023, dia kembali jadi rekan setim Fabio Quartararo setelah keduanya membela Petronas SRT pada 2019-2020.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Petronas SRT yang mengizinkan. Semula kami ingin mempromosikannya pada 2022, tapi perubahan mendadak skuat memaksa semua dipercepat," kata Direkrut Yamaha Racing Lin Jarvis.