Sukses

Presiden PSG Sebut Real Madrid, Juventus, dan Barcelona Gelar Liga Super Eropa Cuma Mimpi

Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi mengecam keputusan Real Madrid, Juventus, dan Barcelona yang ngotot meneruskan rencana menggelar Liga Super Eropa (ESL). Khelaifi menyebut ketiganya hanya berkhayal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi mengecam keputusan Real Madrid, Juventus, dan Barcelona yang ngotot meneruskan rencana menggelar Liga Super Eropa (ESL). Khelaifi menyebut ketiganya hanya berkhayal.

"Ketika tiga klub pemberontak membuang-buang energi, membelokkan cerita, dan terus berteriak ke langit, kami terus bergerak maju," kata Khelaifi seperti dilansir Sportskeeda.

Rencana menggelar Liga Super Eropa sebelumnya mengemuka pada 18 April. Sebanyak 12 klub mendapuk diri sebagai penggagasnya.

Mereka adalah Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Tottenham, Arsenal, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan, Juventus, Real Madrid, dan Barcelona.

Namun rencana itu runtuh setelah mendapat protes dari fans, perlawanan dari FIFA, dan liga-liga domestik. UEFA selaku otoritas tertinggi sepak bola Eropa lalu menghukum 12 klub tersebut.

Namun hukuman UEFA dibatalkan pengadilan di Madrid. Hal itulah yang membuat Real Madrid, Juventus, dan Barcelona berencana meneruskan ide Liga Super Eropa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSG di Pihak UEFA

Khelaifi menegaskan, PSG berada di pihak UEFA soal rencana Liga Super Eropa. Khelaifi, yang juga Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA), mengatakan targetnya saat ini adalah menguatkan organisasi sembari membawa stabilitas finansial sepak bola Eropa.

"Prioritas pertama kami adalah membawa stabilitas finansial yang penting ke sepak bola Eropa. Bahkan sebelum Covid, ada banyak masalah finansial berdampak ke sepak bola," ujarnya.

"Priortas kedua adalah membuat hubungan ECA lebih kuat di antara keluarga sepak bola terutama dengan UEFA," ujar Khelaifi mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Proses Berlanjut

Di sisi lain, proses peninjauan hukuman oleh UEFA kini berlanjut ke Pengadilan Tertinggi Eropa di Luksemburg. Di sana, klub-klub penggagas Liga Super Eropa juga ingin monopoli oleh UEFA ditinjau ulang.

"Perkara ini sekarang akan ditinjau oleh Pengadilan Tertinggi Eropa di Luksemburg, yang mana juga akan meninjau monopoli UEFA terhadap sepak bola Eropa," tulis pernyataan resmi klub-klub penggagas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus